Pattiselano,Pelaksanaan Pasar Murah Membantu Masyarakat Maluku Merayakan Nataru

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan pasar murah ini antara lain membantu  masyarakat yang akan merayakan Hari Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020 guna memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Menurutnya,dilaksanakannya kegiatan pasar murah tersebut,berdasarkan Surat Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri,Kementerian Perdagangan No 406/PDN.1/SD/10/2019 tanggal 27 Oktober 2019,perihal pelaksanaan pasar murah menyongsong hari-hari besar keagamaan tahun 2019.

Selain itu, dilaksanakannya kegiatan pasar murah ini untuk memberikan kesempatan kepada para distributor untuk berpartisipasi menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga dibawa harga diatributor.

“Kita melaksanakan pasar murah,dimulai pada hari ini tanggal 17 Desember sampai dengan tanggal 20 Desember 2019 yang bertempat di Pattimura Park Ambon,selasa (17/12/) dan akan mobile pada hari pertama di kecamatan Nusaniwe yaitu di Gunung Nona dan Dusun Seri.Pada hari kedua di kecamatan Teluk Ambon,di Hative Besar,Tawiri dan hari ketiga diKabupaten Malteng pada kecamatan Leihitu Barat,yakni di desa Alang,Liliboi dan Hattu,”kata Pattiselano.

Adapun,pada hari ke empat (4) kegiatan pasar murah secara mobile ini akan berlangsung di dusun Benteng Karang desa Taisapu dan kecamatan Salahutu di desa Waai di pengungsi Waai.

“Untuk mobile ini,kami laporkan juga ada tiga titik pengungsi yang akan kita datangi di Waai,poengungsi di Benteng Karang dan Lembah Argo di Passo itu akan kita datangi, jadi kurang lebih ada 10 titik mobile selama 4 hari,”jelas Pattiselano.

“Metode ini kita hasil evaluasi pelaksanaan pasar murah secara stay,ternyata masih jauh dari harapan kita,manfaatnya sehingga kita merobah pola untuk memperbanyak pasar murah secara mobile,”tuturnya lagi.

Sementara itu,Pattiselano dalam laporannya juga menyampaikan juga bahwa kegiatan pasar murah/ bazaar ini juga dilakukan hampir diseluruh kabupaten/kota di Maluku mulai dari awal Desember sampai dengan menjalankan Natal dan Tahun Baru.

Adapun,komoditi kebutuhan pokok yang di jual pada pasar murah ini antara lain,telur ayam,gula pasir, tepung terigu,minyak goreng,sisu kental manis,mie instan, mentega,beras dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Sedangkan harga kebutuhan pokok pada pasar murah ini adalah harga dibawa distributor karena disubsidi oleh pemerintah provinsi Maluku.

“Pada kesempatan ini juga dapat kami laporkan bahwa stok kebutuhan pokok menjelang hari natal sesuai pantauan kami dan juga pantauan tim pemantau bersama denugan tim dari kementerian perdagan yang tadi pagi bersama dengan pak Sekda, kami sudah turun ke pasar dengan seluruh stekholder dan memantau stok tersedia dalam jumlah cukup,”ungkapnya.

Selain itu,ada beberapa komoditi bumbu-bumbuan yang mengalami penurunan cikup signifikan seperti cabai yang penah sampai Rp.80.000 hari ini tercatat di pasar Rp.20.000 per kg,kemudian tomat yang beberapa waktu minggu lalu juga tembus  Rp.20.ribu hari ini berkisar antara Rp.12.000 sampai dengan Rp.15.000 ribu.

Adapun,beberapa komoditi yang mengalami penurunan ini,disebabkan karena stok dari sentra produksi lokal tersedia dalam jumlah yang cukup,seperti dari lokal di Namlea (Pulau Buru),dan Maluku Tengah (Malteng/Pulau Seram).

Untuk diketahui,Distributor yang berpartisipasi pada kegiatan pasar murah ini adalah Bulog,Difree Maluku, CV Gema Rejeki,CV Firma Bandil, hypermart ACC, PT Tree Samudra,hypermart MCM PT Padi Mas Prima, CV Bahagia Baru, CV Makmur Abadi dan Food  Mart Ambon Plaza.

Reporter          : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

 

Check Also

Desperindag Maluku Akan Gelar Pasar Murah Secara Dor To Dor

AMBON,N25NEWS.com-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) provinsi Maluku,akan menggelar pasar murah dalam rangkah menyambut bulan Suci …