Pawai Taaruf Isi Peringatan 1 Muharram 1440 H MIN 1 Ambon

AMBON,N25NEWS.com – Pawai Ta’aruf yang dilaksanakan ratusan peserta didik yang dampingi pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon mengisi peringatan 1 Muharam 1441 Hijriah dengan berbusana muslim dan berbagai pakaian adat serta ragam pakaian dinas.

Pawai ta’aruf yang dipusatkan didepan Maluku City Maal (MCM, Sabtu(30/8) melintasi jalan JMP sampai berakhir di MIN 1 Ambon jauh tepatnya Desa Pekok (Depok) yang berjarak kurang lebih 3 kilo meter dibawa pengawalan mobil layanan kendaraan patroli dan pengawalan (patwal) atau voorijder polisi.

Pantauan dilapangan nampak terlihat ratusan siswa/siswi, para pendidik serta orang tua murid, juga terlibat MIS Aksyuria yang turut bersama memeriahkan hari raya Islam atau yang dikenal dengan 1 Muharam 1441 H.

Rombongan setelah tiba di lokasi MIN 1 Poka disambut grup hadrat remaja masjid (Remas) Al Ikhlas Depok.

Dengan sorotan tema” Hijrah Budaya, Pemikitan dan Akhlak Budi Pekerti Siswa, Menuju Madrasah Hebat Bermartabat” merupakan salah satu bentuk syiar dalam bentuk pawai Taaruf 1 Muharam 1441 H.

“Kegiatan pawai Muharam dirangkai dengan kegiatan edukasi syiar Islam untuk mendidik serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, mengeratkan tali Ukhuwah Islamiyah pada siswa agar menjadi insan yang lebih baik di Mata Allah SWT,” ujar Kasi Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Kota Ambon Abdul Karim Kelrey.

Baca juga :   Plt Kakanwil Ingatkan Guru Agama Hindu Tentang Penguatan Moderasi Beragama

Dengan pawai Taaruf Kelrey berharap, melalui kegiatan peringatan tahun baru islam menjadi awal memulai dan meningkatkan kembali semangat berhijrah menjadi lebih baik dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan keseharian kita.

Sementara itu Kepala MIN 1 Ambon Nasit Marasabessy mengutarakan, pelakasanaan pawai Taaruf yang dilaksanakan pihaknya dalam rangka syiar dan menyamati siswa dalam memperingati tahun baru Islam.

Oleh karena itu, di tahun 1441 Hijiria ini adalah tahun yang unik untuk dicermatinya sehingga perlu adanya saling mengenal satu dengan yang lain dalam kebersamaan.

Salah satu orang tua siswa yang turut bersma mengantar pawai Taaruf juga mengapresiasi kegiatan pawai ta’aruf yang dilaksanakan MIN 1 Ambon sebagai bentuk pengetahuan dan syiar islam yang tidak hanya bagi peserta didik tetapi juga semakin mengena di hati masyarakat yang menyaksikan.

“Semoga kegiatan serupa dan hari-hari besar islam lainnya dapat terus diperingati sebagai bekal informasi dan pengalaman untuk estafet religius study ke generasi selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter : Gali M

Editor :Redaksi

Check Also

Seleksi Petugas Haji Maluku Tingkat Kabupaten/Kota Diikuti 90 Orang

MALUKU,N25NEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar seleksi petugas haji tahun 1441H/2020 M secara serentak …