Breaking News

Pekan Manasik Haji Tingkat KUA Dilaksanakan

AMBON,N25NEWS.COM-Direncanakan pekan depan tepatnya, Senin(1/7) proses manasik haji bagi Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) dilaksanakan.

“Nantinya seluruh KUA yang ada di empat Kecamatan di Kota Ambon, secara formal acara pembukaan akan dilakukan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon pada Senin pekan depan,”tandas Kasi PHU Kemenag Kota Ambon Wahab Puttuhena pada media ini,Jumat(28/6/2019)

Menurut, setelah formal dilaksanakan di Kemenag Kota Ambon, selanjutnya secara teknis akan dilaksanakan di KUA masing-masing yang berlangsung selama delapan kali manasik.

Selanjutnya setelah setelah semunya dilaksanakan ditingkat KUA, pelaksanaan yang sama juga dilakukan ditingkat Kemenag Kota Ambon selama dua kali pertemuan manasik.
“Jadi nanti di KUA dilakukan delapan kali pertemuan, selanjutnya di kami tingkat kota lakukan dua kali pertemuan,”ujarnya.

Dikatakan, bahwa setelah semua proses manasik haji selesasi, baik tingkat KUA maupun Kemenag Kota Ambon akan dilanjutkan dengan proses pelepasan JCH dari Walikota Ambon ke panitia haji provinsi dan itu dijadwalkan pada, Selasa(9/7) di gedung Ashari Al Fatah Ambon, selanjutnya akan diikuti dengan pelepasan provinsi pada, Sabtu(13/7).
Manasik kata Putuhena, hal tersebut wajib dilaksanakan, sebab itu inti dari semua proses haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai rukun haji,.baik itu manasik haji Ifra maupun Kiran.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

“Jadi semua JCH diharuskan mengikuti Manasik haji, tanpa Manasik hajinya tidak ada apa-apanya,”tegasnya.

Oleh karena itu lanjut Puttuhena, Manasik tersebut oleh pemerintah sudah dibentuk pelayanan maksimal yang harus diberikan bekal bagi JCH.
Bahkan Manasik bisa saja dilakukan oleh siapapun, baik pemerintah, pribadi maupun pihak Bank penerima setoran haji.

Disinggung soal keterlambatan pelaksanaan Manasik tingkat kabupaten/kota dirinya mengakui, bahwa memang ada keterlambatan yang diakibatkan faktor anggaran yang seharusnya sudah dilaksanakan di bulan April kemarin.

Meskipun demikian lanjut Puttuhena kepasatian waktu manasik sudah dimaksilkan sehingga belum bisa dikatakan terlambat dengan jadwal waktu keberangkatan.

Reporter:Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …