Pelajar Tahun 90 an

Pelajar Tahun 90 an, Ingat Cawu, THB Dan Ebtanas

AMBON,N25NEWS.com-Selain beberapa mata pelajaran seperti Pendikan Moral Pancasila (PMP) dan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB) yang di era sekarang berubah menjadi PPKn, beberapa istilah di tahun 90 an juga masih dikenang oleh masyarakat di Indonesia.

Setidaknya ada empat istilah yang saat ini sudah berganti nama namun pada intinya hampir sama. Apa saja istilah tersebut.Dikutip dari tulisan Iip Afifullah yang diterbitkan majalah kartini.co.id, era yang telah berubah juga mengubah istilah.

Jika sekarang publik sudah familiar dengan istilah UN, semester, UNBK dan lainnya, maka dulu ada istilah sejenis yang maknanya serupa namun berubah istilah. Kebanyakan berupa singkatan, istilah-istilah tersebut sangat populer di kalangan pelajar di era 90an.

Bagi kamu generasi millennials yang belum mengenal istilah-istilah pendidikan era 90an, maka wajib baca uraian singkat berikut ini.Cawu di jaman sekarang ada istilah semester yang digunakan, namun di era 90an sudah terbiasa dengan singkatan istilah Cawu atau kependekan dari catur wulan.

Adapun,bedanya, jika semester merupakan sistem pembelajaran dengan evaluasi belajar selama 6 bulan atau dua kali setahun, untuk Cawu ini pembagian sistem evaluasi belajar yang dalam satu tahun dibagi menjadi 3 bagian atau sebanyak 4 bulan satu kali evaluasi.

Baca juga :   Diversifikasi Pangan Mutlak Dilakukan Sebagai Sarana Promosi Pangan Lokal

Sedangkan THB,Istilah di jaman pelajar sekarang ada ujian semester tiap 6 bulan sekali, dulu ada ujian setiap 4 bulan sekali dalam sistem catur wulan.Istilah ujian ini masih disebut sebagai ulangan atau THB (Tes Hasil Belajar).Kegiatan THB pada era 90an membuat pelajar antusias mengerjakan karena sudah belajar jauh-jauh hari meski dengan fasilitas sederhana.

Kemudian EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir),merupakan akhir dari rangkaian belajar selama mengikuti pendidikan di sekolah dengan berbagai tes yang harus dilalui agar lulus.

Salah satunya adalah EBTA Praktek, tes akhir sebelum tes tulis utama ini dilakukan dengan mempraktekkan beberapa pelajaran yang pernah dipelajari di sekolah. Bisa tes olahraga, tes menggambar dan tes-tes praktik lainnya.

Setelah EBTA ada EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional),yang dilakukan secara serentak di berbagai sekolah di tanah air.Jika sekarang publik menegenalnya sebagai UN atau UNBK,maka di era 90 an EBTANAS merupakan kegiatan untuk menentukan nilai yang saat itu dikenal dengan istilah NEM (Nilai Ebtanas Murni) dan ini merupakan nilai ujian murni tanpa tambahan nilai-nilai lain.

Sumber     : Majalah Kartini.co.id

Editor       : Aris W

 

Check Also

OJK Gandeng Dinas Koperasi Malteng Gelar Business Matching

MASOHI,N25NEWS.com – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku menggandeng Dinas Koperasi dan usaha Mikro, …

×

N25NEWS.com