Home / Ekonomi / Pelni Ganti Kapal Patroli Milik Kodam

Pelni Ganti Kapal Patroli Milik Kodam

AMBON,N25NEWS.COM – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Pusat, akhirnya menggantikan kapal Patroli milik Kodam XVI Pattimura yang pernah ditabrak oleh KM Sabuk Nusantara  33 pada tahun 2017 kemarin.

Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Pusat, Insan Tobing, mengatakan pernah ada musiba yang dialami oleh kapal Pelni Sabuk Nusantara 33 dan spid Patroli milik Kodam XVI Pattimura.

Namun lewat musiba ini terjadi hikmat yang diperoleh, karena terjalin kerjasama antara Pelni dan Kodam XVI Pattimura semakin erat dan dekat.

“Ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kami, bagaimana kami mencoba menjaga keselamatan dalam beroperasi. Ini hal yang penting yang kami peroleh pasca kejadian tahun kemarin itu, bahkan kami juga belajar bertanggungjawab, dimana setiap kejadian harus ada konsekwensi. Dan inilah faktor yang menurut kami mendapatkan nilai posetif dari musiba itu,” akuinya dalam sambutan singkatnya di pelataran Pelabuhan Gudang Arang Ambon, Rabu (1/8/2018).

Sementara itu, Dandrem 151 Binaya, Kolonel Infantri, Cristian Tehuteru, saat membacakan sambutan Pandam XVI/Pattimura, ia menuturkan KMC V 40 Tonples merupakan kapal motor cepat yang akan memperkuat Kodam XVI Pattimura yang dirancang sebagai kapal Patroli dengan kapasitas 12 personil bersenjata lengkap.

“Wilayah Kodam XVI Pattimura yang terdiri dari ribuan pulau dan dipisahkan oleh lautan menjadi transportasi laut sebagai sarana Patroli untuk melaksanakan tugas pokoknya dalam operasi militer perang serta memberi perbantuan pada unsur lainya dalam operasi militer selanjutnya,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, bagi semua unsur yang terkait dan pengadaan serta pengoperasioan KMC V 40 Tonples ini selalu dapat bersinerji dalam menjaga agar KMC V 40 Tonples ini tetap siap operasional.

Sementara itu Direktur Armada Pelni Pusat Tukuk Harsono kepada awak media mengatakan, bahwa pada bulan Aprl tahun kemarin telah terjadi ketebrakan yang tidak disengajakan antara KM Sanus 33 dengan kapal milik Kodam XVI/Pattimura di pelabuhan Yos Sudarso Ambon,

Baca juga :   Masalah Merkuri dan Sianida ESDM Diminta Transparan

“Jadi kapal perintis perintis kami pernah menyenggol kapal milik TNI AD, sehingga terjadi pecah namun melalui kordinasi dengan baik dengan pihak Kodam, kita bersepakat untuk menggantikan dengan body kapal yang baru,”jelasnya.

Oleh itu melalui moment ini, Pelni telah menggantikan kepal milik Kodam dengan yang baru, bukan bekas atau diperperbaiki. Untuk kapal yang rusak akan dimusnakan di gelanggan kapal dimana, kapal tersebut dibuat.

Kapal tersebut kata mantan GM Pelni Cabang Ambon, bahwa kapal tersebut dikerjakan oleh PT Inti Fajar Makasar  sesuai body awal yang menggunakan fiberkelas.

“Jadi body kapal kita buat yang baru, namun mesinnya menggunakan mesin yang lama, karena yang ganti hanhya body kapalnya saja,”pungkasnya.

About admin

Check Also

Lutfi Rumbia Tidak Menghargai Desposisi Sekda Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Kepala Keuangan dan Aset Daerah Setda Provinsi Maluku Lutfi Rumbia seolah-olah tidak menghargai desposisi Sekretaris …