Pelni Siap Armada Layani Tol Laut Maluku

AMBON,N25NEWS.COM –  sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dijasa pelayaran laut, PT Pelayaran Nusantara Indonesia (Pelni) telah siap menyediakan armada laut untuk melayani program Tol Laut di provinsi seribu pulau Maluku.

Kesedian Pelni melayani Tol Laut di kepulan Maluku, setelah ditunjuk Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut usai melakukan rapat evaluasi di Ambon.

Terkait dengan hal tersebut Vice President (VP) Pemasaran Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Pusat Didik Dwi Prasetio yang ditemui di Ambon, Selasa(30/7) malam kemarin, mengakui pihaknya mendapat kepercayaan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani Tol Laut di kepulaun Maluku pada treyek T-12 dengan rute Saumlaki, Larat, Teba,
Moa, Kisar, Kalabahi dan Saumlaki.

Namun treyek T-12 Katan mantan GM PT Pelni Cabang Ambon, bahwa treyek tersebut pernah dilayani oleh salah satu perusahan pelayaran swasta dengan menggunakan KM Kendhaga Nusantara 5 milik pemerintah.

Setelah berjalan kurang lebih enam bulan paskah ditetapkan program Tol Laut oleh Presiden Jokowi Januari 2019 kemarin, pelayanan treyek T-12 mengalami kendala, hingga akhirnya Pelni ditunjuk untuk melanjutkan treyek tersebut.

Dikatakan, sambil menunggu KM Kendhaga Nusantara 5 keluar dari doking, pihaknya telah menyediakan dua armada pengganti yakni, KM Jaya Niaga 4 dan Legostik Nusantara 3 sebagai kapal pengganti sementara.

Baca juga :   Sekretaris KPU Buru , informasi Kehilangan Uang 50 juta di Mejanya tahun 2019 Hoax

“Di Maluku ada satu treyek yang belum berjalan secara maksimal yang sebelumnya dilayani salah satu perusahan pelayaran swasta, namun treyak sudah tidak jalan lagi lantaran kapal yang melayani treyek tersebut sedang dalam prosez doking, sehingga kami diminta untuk melanjutkan treyek T-12,”papar Prasetyo.

Akan tetapi untuk melayani treyek T-12, Pelni masih menunggu surat rekomendasi dari pihak Kementerian Perhubungan, berupa surat penugasan Pelni melayani treyek tersebut.

Dengan ditambah treyek T-12 secara kesèluruhan di Indonesia. terdapat enam unit kapal dengan treyek masing-masing.

Menurutnya, dengan Tol Laut akan menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat wilayah Kepulauan di Maluku, khususnya dalam mendukung kegiatan perekonomian dan memperlancar distribusi logistik.

“Kapal pendukung tol laut ini juga akan dimanfaatkan untuk mengirim berbagai kebutuhan masyarakat seperti barang kebutuhan pokok dan penting, termasuk hasil produksi usaha kecil menengah (UKM) jika disediakan,”ujarnya.

Dia berharap, dengan ditunjuk Pelni melayani treyak T-12 dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder di wilayah Kepulauan Maluku dengan biaya yang lebih murah.

Editor :Redaksi

Check Also

Kosgoro Kota Ambon Siap Gelar  Musda

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Dewan Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Kota Ambon siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda) guna memilih …