Home / Maluku / Pelunas BPIH Tahap II Sudah Capai 99 Persen
Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad

Pelunas BPIH Tahap II Sudah Capai 99 Persen

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah ditutup batas pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap II musim haji tahun 1439 H/2018 M, secara persentase pelunasan BPIH Maluku sudah mencapai 99 persen.

“Kemarin, Jumat(25/5) sekitar pukul 17.00 WIT batas pelunasan BPIH musim haji tahun 1439 H/2018 M sudah ditutup dengan persentase pelunasan mancapai 99 persen yang merupakan sisa kuota 131 jemaah yang terdiri dari Calon Jemaah Haji (CJH) regular berjumlah 123 termasuk Tim Pemadu Haji Daerah (TPHD) delapan orang,”jelas Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad pada N25NEWS.COM  di Ambon, Jumat kemarin.

Dikatakan, dengana persentase 99 peresen pelunasan BPIH secara tidak langsung hanya terdapat satu jemaah yang belum melunasi dari kuota haji Maluku sebanyak 1.090 jemaah termasuk TPHD.

Untuk satu jemaah yang belum melunasi diketahui CJH yang melakukan  penunda keberangkatan haji dimusim haji tahun 2018.

“Jadi setelah mendapat informasi terkahir, ternyata satu CJH tersebut telah mengajukan penundaan keberangkatan haji tahun ini,”ungkap Musaad,

Ia menjelaskan, bahwa pelunasan tahap II merupakan CJH yang pada saat pelunasn tahap pertama mengalami gagal sistim, namun merupakan para CJH yang berstatus haji, penggambungan marham baik pendamping CJH usia lanjut maupun marham yang berstatus suami atau istri, serta CJH yang berusia lansia, termasuk CJH cadangan 5 persen, sebagaimana yang telah diisyaratkan dalam keputusan Dirjen PHU Kemenag RI nomor 148 tahun 2018

Dengan demikian diharapkan, agar para CJH yang telah melakukan pelunasan BPIH dapat mempersiapan diri untuk menghadapi ibadah Haji tahun ini dan tetap menjaga kesehatan fisik dan mental terlebih khsusus bagi CJH usia lansia.

“Para CJH juga bisa memastikan dan mempersiapkan kelengkapan sebelum memasuki proses pemberangkatan ke Embarkasi,”harap Musaad.

Sementara dalam penentuan kloter, Maluku dengan jumah kuota CJH 1090 tergabung dalam tiga kloter yakni, kloter 10, 11 dan 12 yang rencana keberangkatan dari  embarkasi Makasar menuju Arab Saudi pada tanggal 23 dan 25 Juli bulan mendatang tahun berjalan.

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …