Breaking News

Pembangunan Kawasan Perdesaan Di Maluku,Perlu Peran Aktif Pemerintah Desa

AMBON,N25NEWS.COM-Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa,setidaknya ada 3 spirit utama dalam UU ini,yaitu penguatan peran pemerintah,penguatan peran aktif Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan dukungan pendanaan bagi pelaksanaan program/kegiatan pemerintah desa.

Hal tersebut disampaikan Staff Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Ronny Tairas,saat mewakili Plh Gubernur Maluku pada Acara Rapat Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Provinsi Maluku,di Hotel Green Palace Ambon,kamis (4/4/2019).

Lebih lanjut Tairas mengatakan,”Tiga semangat ini diharapkan berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan pemerintah desa kepada masyarakatnya,mengingat demikian besar amanah yang ditanggung oleh pemerintah desa dalam mengembangkan tugasnya untuk melayani,membina membangun serta memberdayakan masyarakat,”kata dia.

Sementara itu dipertegas lagi dalam peraturan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendesa PDTT) No 5 Tahun 2016 tentang pembagunan kawasan perdesaan,yang menjabarkan lebih lanjut UU desa dan amanat pasal 131 ayat (1) PP No 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksana UU No 6 Tahun 2014 tentang desa.

“Kelanjutan UU No 6 Tahun 2014 ini sebagaimana telah diubah dengan PP No.47 Tahun 2015 tentang perubahan atas PP No 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No.6 Tahun 2014 tentang desa,yang mana disamping itu juga Permendes PDTT No 5 Tahun 2016 juga menggariskan bahwa kawasan perdesaan adalah kawasan mempunyai kegiatan utama pertanian,pegelolaan SDM,”jelasnya.

Sedangkan dalam konteks pemberdayaan masyarakat,peran kawasan perdesaan haruslah dipahami sebagai satu kesatuan untuk untuk mendorong semangat membagun desa di Maluku melalui koordinasi dan peningkatan kerjasama antar desa,terintegrasi secara berkesinambungan sehingga dapat berkiprah dengan baik untuk menciptakan perekonomian desa kawasan perbatasan bagi pembangunan.

“Semua yang telah saya sampaikan ini agar para peserta dapat memberikan kontribusi,pemikiran yang konstruktif bagi pengembangan program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa di Provinsi Maluku sekarang dan dimasa yang akan mendatang,”tandas Tairas.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

 

About admin

Check Also

Bin Taher : Rakortek Rembang Provinsi Maluku Bertujuan Samakan Presepsi

AMBON,N25NEWS.COM-Rakortek Renbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD),merupakan salah satu siklus Tahapan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Provinsi …