Pembangunan Kesehatan Berdasarkan Perikemanusiaan Adil dan Merata

AMBON,N25NEWS.COM-Pembangunan kesehatan harus diselenggarakan berdasarkan pada perikemanusiaan secara adil dan merata serta mengutamakan  penduduk rentan terutama ibu,bayi,anak dan keluarga miskin.

Hal ini seperti sambutan Plt Gubernur Maluku yang dibacakan Asisten II Bidang Kesejahteaan Sosial dan Administrasi Setda Maluku Maridje Lopulalan pada Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan Masyarakat di Provinsi Maluku Tahun 2018,di Hotel Amaris,rabu (23/05/2018).

Lebih lanjut Lopulalan menyampaikan bahwa Indonesia sesuai data Global Tubercolosis Report 2016,Indonesia menempati posisi kedua dengan beban TBC tertinggi di dunia,sedangkan berdasarkan angka penemuan kasus TB Maluku adalah 58 persen masih jauh dari target yang seharusnya 70 persen di tahun 2017.

Baca juga :   Sekkot Ambon Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 Di  RT 006/05 Wainitu

Sehingga penyakit-penyakit yang muncul dapat di cegah dengan Imunisasi untuk itu diharapkan cakupan dan mutu imunisasi dapat ditingkatkan.Provinsi Maluku masih fluktuatif yakni tahun 2015 79,8 persen,tahun 2016 73,2 persen,dan tahun 2017 75,4 persen.Hal ini menandakan belum kuatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

Untuk itu peningkatan cakupan dan mutu imunisasi yang merata serta terjangkau di perlukan komitmen semua pihak melaului kegiatan sweeping dan drop out follow up.Selain itu masyarkat harus dimotivasi untuk mampu menjangkau pelayanan imunisasi melalui pemberdayaan masyarakat,organisasi profesi lintas sektor dan lintas program.

Check Also

PT Pos Indonesia Akan Melakukan Pendistribusian Vaksin COVID-19 Di Maluku 

AMBON,N25NEWS.com-Setelah resmi diumumkan vaksin coronavac yang diproduksi oleh Sinovac Biotech mendapatkan  izin  penggunaannya dalam  kondisi …