Breaking News

Pembukaan STQ Tingkat Provinsi Maluku Berlangsung Meriah

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat provinsi Maluku berlangsung meriah.Kegiatan dibuka secara langsung dibuka oleh Gubernur Maluku Irjen Pol Purn Drs Hi Murad Ismal yang dipusatkan Gedung Islamic Center, Salesa(29/4)

STQ dengan sorotan tema” Melalui STQ Terbatas Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019 Kita Wujudkan Generasi Qurini, diikuti 49 peserta dari 9 kabupaten/kota melombahkan 9 mata lomba.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan STQ sejatinya merupakan momentum untuk melahirkan inspirasi bagi umat islam dalam rangka mewujudkan tegaknya islam dengan landasan kitab suci Al-Qur’an.

“Maka tugas kita adalah menjaga substansi STQ agar jangan sampai menyimpang jauh dari tujuan awal yaitu untuk menimbulkan kecintaan terhadap Al-Qur’an khususnya bagi kaum muda,”ujarnya.

Selain itu, lanjut wagub, pemahaman dan kesadaran yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat sehingga kegiatan STQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremoni semata, tapi mampu menjadi momentum stategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai qur’ani.
Gubernur mengingatkan, target kemenangan dalam setiap perlombaan memang merupakan sesuatu yang dikejar bagi setiap kontingen, namun jangan dijadikan sebagai ajang menghalalkan segala cara, apalagi dipolitisasi demi kepentingan tertentu.
Akan lebih baik lagi dalam pelaksanaannya lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Baca juga :   Usai Pesantren Ramadhan, Keluarga Besar Min 1 Ambon Gelar Bukber

“Bagi pemerintah daerah, STQ saat ini memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat Maluku Utara,”ungkap Ismail.

Sementara ketua LPTQ Maluku Ismail Usemahu dalam singkatbya mengatakan, kegiatan STQ merupakan bagian dari bagaimana pemerintah serius dalam melihat persoalan sosial akhir-akhir ini.
Dia mengatakan, kegiatan STQ tahun 2019 ditetapkan di Sofifi berdasarkan keputusan Gubernur. Dengan dilaksanakannya STQ terbatas bertujuan untuk memcari qori dan qoriah mewakili Maluku diajan STQ tingkat Nasional di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.
Adapun perhelatan STQ terbatas terdapat 3 cabang dengan 86 golongan mata lomba dengan jumlahr peserta 49 orang.

Untuk itu dirinya mengajak peserta STQ terbatas sebagai komponen bangsa untuk senantiasa tetap sportif dalam menerima keputusan.
Oleh karena itu dewan hakim juga diminta berlaku jujur dan arif dalam memberikan penilaian sehingga tidak terjadi.keselah pahaman diantara kita semua.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …