Breaking News

Pemda Maluku Gelar Sosialisai Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020

AMBON,N25NEWS.COM-Pemerintah Provinsi Maluku,gelar Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)tahun anggaran 2020 yang berlangsung di Gedung Baileo Siwalima Karang Panjang Ambon,rabu (10/7/2019).

Asisiten III Setda Maluku Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan,Zulkifli Anwar dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku,memgatakan APBD adalah instrument penting,untuk menggerakkan perekonomian daerah dan nasional,karenanya baik provinsi maupun kabupaten/kota perlu melakukan penyelarasan dengan kebijakan pembangunan nasional.

Jelasnya untuk tercapainya sasaran utama dan prioritas pembangunan nasional maka perlu dunkungan Pemerintah Provinsi Pemda Kabupaten/Kota dan hal itu sangat bergantung pada sinkronisasi kebijakan,yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sehubungan dengan itu,Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33 tahun 2019,tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020 adalah pedoman bagi Pemprov maupun Pemda Kabupaten/Kota dalam menyusun APBD tahun 2020 yang harus adanya sinkronisasi kebijakan Pemda dan Kabupaten/Kota.

“Ada beberapa hal penting yang mesti menjadi perhatian kita yakni,desentralisasi pengelolaan keuangan daerah,merupakan amanah reformasi dibidang otonomi daerah yang pengelolaannya transparan,akuntabel dan partisipatif,”kata Zulkifli.

“Saya mintakan perhatian Pemerintah Kabupaten/Kota,agar lebih memperhatikan tahapan dan jadwal proses penyusunan APBD Tahun anggran 2020 dan secara substansial,APBD tetap diorentasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat,”katanya lagi.

Sementara itu,beberapa hal penting yang disampaikan diatas,maka Pemda Kabupaten/Kota diharpkan dapat menyampaikan laporan realisasi APBD semester pertama,sehingga pelaksanaan dan peyerapan anggaran dapat terpantau lebih awal,guna menentukan langka-langka perbaikan.

“Apabila hal-hal tersebut diatas dapat kita cermati,maka APBD kita dari tahun ke tahun,akan semakin baik,yang pada akhirnya akan memberikan opini yang baik dalam akuntabilitas pelaksanaan keuangan daerah,”tandasnya.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

About admin

Check Also

Far-Far,Permasalahan Pertanahan Di Maluku Cenderung Menimbulkan Konflik Kepentingan

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan pertanahan dalam masyarakat sering dan cenderung terjadi dimana hal tersebut telah menimbulkan konflik kepentingan …