Breaking News

Pemerintah Naikan Kuota Haji Maluku Sebanyak 182

AMBON,N25NEWS.COM – Kuota Haji untuk Provinsi Maluku, kembali dinaikan oleh Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Agama RI, sesuai Ketetapan Surat Keputasan Menteri Agama No 176 Tahun 2019 tentang penetapan kuota haji tambahan tahun 1440 H / 2019, memutuskan penambahan kuota untuk Provinsi Maluku sebanyak 182 jamaah calon haji (JCH). ” Keputusan yang baru dikeluarkan pada tanggal 25 April ini patut disyukuri dan penambahan kuota ini berdesarkan nomor urut porsi dan jamaah lanjut usia, Dengan mendapat penambahan 182 ini maka secara kolektif jumlah jemaah haji untuk Maluku naik dari 1090 menjadi 1272″ Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd kepada wartawan di Ambon, Kamis, (26/04).

Menurutnya, sebagiman ketentuan yang diatur dalam peraturan Menag ini menyebutkan kuota untuk lanjut usia sebanyak 50 persen dan sisanya diperuntuhkan berdasrkan nomor porsi. Batasan usia yang dimaksud adalah jamaah haji usia paling rendah 75 tahun per tanggal 7 Juli 2019, yang telah memiliki nomor posri Jemaah Haji reguler sebelum tanggal 1 Januari 2017.

Dikatakan untuk batasan pendamping yakni mereka yang memiliki nomor posri serta terdaftar sebagai Jemaah Haji sebelum tanggal 1 Januari 2017. Terkait dengan kuota Jemaah haji lanjut usia dan pendamping bila tak terpenuhi, sisa kuota dialokasikan berdasrkan nomor urut porsi berikutnya.

Baca juga :   Bupati SBB Hadiri Malam NUZULUL QUR’AN Di Dusun Pelita Jaya

Kakanwi menjelaskan, secara kolektif tahun ini pemerintah Indonesia mendapat kuota haji tambahan sebanyak 10.000 jamaah, namun pembangian ini disesuaikan dengan kebutuhan dan daftar antri di masing masing wilayah. ” Kita patut bersyukur atas pemebahan kuota sebanyak 182 bagi jamaah ini di Provinsi Maluku, jika dibandaingkan dengan daerah atau provinsi lain daftar antri keberangkatan jemaah haji bahkan sampai 40 tahun sementara provinsi Maluku terlama hanya 8 tahun,” jelas Kakanwil.

Penambahan kuota haji ini tentu akan kembali memangkas atau mengurangi daftar tunggu jamaah haji di Provinsi Maluku.

“Meski kenaikan secara nasional tapi tambahan sebanyak 182 ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku untuk memperjuangkan agar masayarakat di Maluku tidak perlu menunggu terlalu lama. ” Saya berharap agar seluruh jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dapat mempersiapkan diri dengan baik dan Kemenag Maluku melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umarah akan siap untuk menjemput perubahan penambahan kuota ini dengan baik sehingga seluruh jamaah yang memenuhi syarat dan ketentuan dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji 1440 H / 2019 M ,” harap Kakanwil. (***)

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …