Breaking News

Pemerintahan Berbasis Elektronik Mendukung Keterbukaan Informasi

AMBON,N25NEWS.COM-Upaya mewujudkan pemerintahan yang terbuka dengan sistem berbasis eletronik yang digunakan pemerintah dari segala bidang yang mana bersifat khusus,karakteristik,terintegrasi dan untuk pelayanan masyarakat.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Maluku,Frona Koedoeboen saat memberikan keterangannya kepada awak media disela-sela Acara FORUM SKPD Dinas Kominfo Provinsi Maluku Tahun 2019 di Kantor Kominfo Provinsi Maluku,rabu (27/02/2019).

Lebih lanjut Koedoeboen mengatakan,”Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 Tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan itu mendukung keterbukaan informasi yang menjadi tugas utama kami dari Dinas Kominfo,sehingga informasi publik penyelenggaraan pemerintahan itu dapat diakses oleh masyarakat dan masyarakat bisa memberi umpan balik,”kata Koedoeboen.

Sementara itu keharusan yang dimiliki oleh pemerintah provinsi maupun daerah itu adalah pejabat pengelola informasi,dokumentasi yang mana mereka bertanggung jawab untuk pengelolahan informasi publik dan apabila ada sengketa itu harus didukung komisi informasi.Kemudian Kominfo juga siap menyongsong Satu Data Indonesia yang dalam hal ini bidang statestik yang menjadi tupoksinya Kominfo (data sektoral).

Baca juga :   Cegah Terorisme,Aparat Desa Di Maluku Harus Kompak

“Jadi statestik itu ada 3 yakni,statestik umum,statestik khusus dan statestik sektoral,yang mana statestik sektoral ini dia menjadi tanggug jawab Kominfo,nah kenapa ini sistem pemerintahan elektronik ini terintegrasi ? Karena itu kita menyongsong dan mendukung satu data Indonesia itu,”jelas Koedoeboen.

Kemudian untuk sekarang Dinas Kominfo punya sistem eletronik dan satu data,maka sudah barang tentu,diperlukan keamanan dan keamanan itu menjadi tanggung jawab SSN (Keamanan informasi dan Persandian),maka sesuai dengan PP 18 Tahun 2017 itu menjadi tupoksi Kominfo,dengan demikian ada 3 fungsi dari IKP yang membidangi aplikasi informatika,statestik sektoral dan meamanan informasi itu yang akan di bicarakan pada Forum ini.

“Untuk itu dalam rencana jangka menengah pemerintah daerah maka nanti semua itu harus sudah terstruktur dengan baik,serta mendukung apa yang menjadi tujuan arsitek utama itu dari pusat,jadi mengapa ini harus terus didiarkan? Karena itu mohin rekan-rekan media membantu supaya program ini dapat tersosialisasi,”tandas Koedoeboen.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Provinsi Maluku Bertekad Tingkatkan Kualitas Penduduk

AMBON,N25NEWS.COM-Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Maluku tahun 2019 ini,merupakan salah satu langkah …