Home / Kota Ambon / Pemkot Ambon Tegaskan Segera Tetapkan Peta Batas Wilayah

Pemkot Ambon Tegaskan Segera Tetapkan Peta Batas Wilayah

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk memperbaharui batas administrasi sebuah pemerintahan, Pemerintah Kota Ambon kini menegaskan kepada seluruh ASN khusus begerak pada bidang tata pemerintahan agar segera menetapkan peta batas wilayah administrasi baik pada lingkup Kecamatan, Desa/Negeri maupun kelurahan.

Diakui oleh Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru dalam sambutannya dikatakan Pemetaan batas wilayah adminstrasi pemerintahan semata-mata untuk menjamin tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa sehingga diperlukan penetapan dan penegasan batas terhadap desa negeri maupun kelurahan.

“Walaupun penerapannya di Kota Ambon terbilang sulit namun bukan berarti kita diamkan.
kita harus mencari solusi untuk menyelesaikan,” katanya.

Dirinya menjelaskan, Perpres Nomor 9 tahun 2016 telah memberikan amanat untuk mendorong penggunaan informasi giospasial guna mendorong pembangunan nasional untuk mendukung terwujudnya program nawacita dengan dengan demikian sangat dibutuhkan satu peta yang mengacu pada satu referensi giospasial, satu standar, satu basis data serta satu bio portal.

Untuk itu, dirasa perlu untuk melaksanakan kebijakan satu bio portal yang berisi satu wilayah secara menyeluruh. dengan demikian dirinya menambahkan saat ini kota Ambon mendapat satu kesempatan untuk mengikuti pembekalan secara teknis tentang pemetaab batas wilayah oleh Badan Informasi Giospasial jakarta serta topografi Kodam XVI Pattimura.

proses pemetaan batas wilayah administrasi kini dirasa perlu diberikan pada lingkup desa. negeri maupun kelurahan hingga tingkat kecamatan maupun kota.

“Pemerintah Kota Ambon perlu mendukung dengan keterlibatan secara masif untuk menegaskan dan menetapkan seluruh wilayah kota yang terdiri dari 5 kecamatan dan 50 desa/negeri serta kelurahan. penting disadari penetapan batas desa kemudian tak menghapus hak atas tanah dan hak adat serta lain nya pula tak masalah,” tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Pemkot Ambon Seriusi Masalah Kesetaraan gender dan Pemberdayaan Perempuan Desa

AMBON,N25NEWS.COM – Kesetaraan Gender dan pemberdayaan kaum perempuan mulai diseriusi Pemerintah Kota Ambon. Hal ini …