Home / Kota Ambon / Pemkot Vlissingen Teken MoU LOI

Pemkot Vlissingen Teken MoU LOI

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah Kota Ambon teken Memorandum of Understanding (MoU) Leter Of Intens (LOI) dengan Pemerintah Vlissingen Belanda sekaligus dengan peresmian peningkatan status Klinik Mata yang meningkat naik menjadi Balai Kesehatan Mata, yang bertempat di Balai Kesehatan  Mata Ambon- Vllisingen (A-V) Passo, Rabu (17/10/2018).

Walikota Vlissingen Belanda, Bas Van Den Tillaarr saat diwawancarai mengatakan, Penandatanganan Leter Of Intens (LOI) memiliki banyak hal prospek kedepannya dalam berbagai bidang, sehingga penanadatanganan yang dilaksanakan ini untuk pembangunan kedepannya nanti.

“Penandatangan LOI (Leter Of Intens) mempunyai prospek kedapan itu dalam banyak  hal, dalam berbagai bidang jadi ditandatangani hari ini unutk pembangunan kedepan,” kata Den Tillaarr.

Selain itu Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menambahkan, bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah  Vlissingen Belanda sangatlah membawa dampak yang positif terhadap perkembangan dan kemajuan Kota Ambon khususnya pada Bidang kesehatan.

Louhenapessy mengakui, kehadiran Balai Kesahatan Mata di Kota Ambon sudah sangat dirasakan oleh masyarakat kota yakni dalam hal pelayanan gartis dari bidang kesehatan, transfer ilmu teknologi yang dibawa oleh Vlissingen Belanda ke Kota Ambon, serta fasilitas perlengkapan yang semakin memadai.

Menurutnya, semua hal tersebut sangatlah positive bagi pengembangan sektor kesehatan khususnya pada mata, sehingga kemungkinan Balai Kesehatan Mata ini bisa meningkat menjadi Rumah Sakit Khusus Mata untuk Maluku dan Papua.

“Semua ini mengarah kepada hal yang benar-benar positive pada pengembangan sektor kesehatan khususnya mata, karena kemungkinan Balai ini bisa manjadi Rumah Sakit khusus Mata untuk Maluku dan Papua

Lanjutnya, yang paling utama adalah transfer teknologi yang dimiliki oleh Vlissingen Belanda, untuk dibagi kepada para dokter maupun perawat yang ada di Kota Ambon.

Selain itu, untuk penambahan tenaga dokter pada Balai Kesehatan Mata untuk sementara sedangan dipikirkan dan dipertimbangkan untuk adanya penambahan tenaga dokter.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon- Vllisingen, Daniel Siegers menambahkan, pihaknya dalam satu hari melayani 100 pasien lebih dan proses operasi dilakukan dalam 2 kali seminggu sekitar 30-40 pasien.

Menurutnya, animo masyarakat terhadap klinik mata ini sangat tinggi walaupun tidak ada akses angkutan umum didepan klinik tersebut, tapi setiap hari pihaknya melayani ratusan pasien. “Itu tidak mempengaruhi, yang penting adalah pelyanan bagi kesehatan dengan akses nagkutan yang cukup sulit,” katanya.

Ia mengakui, tenaga kesehatan yang ada di klinik mata ini belum mencukupi, jumlah dokter spealis hanya satu dan dibantu oleh satu dokter umum.

“Perencanaan kedepan memang setelah peningkatan balai ini, kita akan lebih melihat kembali kebutuhan-kebutuhan yang dengan melihat animo masyarakat mungkin kebutuhan seperti fasilitas dan juga tenaga pelayanan itu kita akan tingkatkan,” tuturnya.

Untuk itu, Prioritas untuk semua adalah program kesehatan Nasional tidak memilah-milah antara Maluku dan luar Maluku maupun provinsi lainnnya, karena banyak yang berobat kesini ada yang mebawa rujukan dari papua dan Maluku Utara. Oleh karena itu, persyaratan kajian dari organisasi klinik sudah harus ditingkatkan menjadi Balai.

Oleh : Wendy

About admin

Check Also

Asah Kemampuan, Seluruh Prajurit Korem 151/Binaiya Latihan Menembak TW IV

AMBON,N25NEWS.COM – Seluruh Prajurit Korem 151/Binaiya hari ini mengikuti latihan menembak guna mengasah dan meningkatkan …