Pemprov Maluku Gelar Sosialisasi Transaksi Non Tunai dan Sosialisasi PP No 12 Serta Lounching SP2D Online

AMBON,N25NEWS.COM-Pemerintah Provinsi Maluku (Pemprov) menggelar Sosialisasi Tansaksi Non Tunai dan Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019,sekaligus dilakukan Launching Penerapan SP2D Online,yang berlangsung di Hotel Santika Ambon,kamis (11/7/2019).

Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku,Zulkifli Anwar dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku,mengatakan bahwa sosialisasi implementasi transaksi no tunai dan PP 12 tahun 2019 ini,selain membangun pemahaman dan komitmen yang sama,terkait penerapan transaksi non tunai dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Jelasnya,transaksi non tunai diperlukan seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan berdampak sangat signifikan,di semua bidang termasuk pengelolaan keuangan yang makin modern yang ditandai dengan perubahan paradigm menuju digital berbasis teknologi informasi komunikasi yang menghubungkan antara instansi secara cepat,tepat dan akuntabel.

“Saya perlu sampaikan bahwa,implementasi transaksi non tunai pada Pemprov Maluku,akan dilakukan secara bertahap,dimana salah satu upaya yang telah dilakukan adalah bersinergi dengan Bank dan BPKPperwakilan perwakilan Provinsi Maluku melalui pengembangan aplikasi SP2D online sebagai salah satu layanan transaksi non tunai yang diterapkan pada transaksi keuangan Pemrov Maluku,”kata dia.

Baca juga :   Sambut Blok Masela,Wagub Maluku Minta Kampus Lelemuku Siapkan SDM

“Saya juga berharap agar kabupaten/kota se-Maluku dapat menjalankan sistem transaksi non tunai untuk menciptakan tata kelola keuangan dan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,”tuturnya.

Adapun manfaat dari pada transaksi non tunai ini adalah dari sisi keamanan dapat mencegah tindakan criminal,aliran dana seluruh transaksi dapat ditelusuri sehingga lebih akuntabel,seluruh transaksi didukung dengan bukti yang sah,serta efektifitas dalam transaksi pembayaran dan penerimaan laporan keuangan daerah dapat tersaji tepat waktu.

“Untuk itu,saya berharap lagi kegiatan sosialisasi yang kita laksanakan ini dapat lebih mengutamakan komitmen kita semua,baik jajaran Pemda Maluku,maupun perbankan untuk sama-sama melaksanakan dan mengawasi implementasi transaksi non tunai di daerah ini,”tandasnya.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

Check Also

Gelar Orientasi Dan Pendalaman Tugas DPRD Kota Ambon,Gubernur Maluku Minta Tuntaskan Kemiskinan.

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Drs.Murad Ismail,mengatakan penyelenggaraan orientasi dan pendalaman bagi anggota DPRD Kota Ambon,maka Gubernur meminta agar …

×

N25NEWS.com