Home / Kota Ambon / Pemusnahan Barang Sitaan Warnai HUT Kemasyarkatan

Pemusnahan Barang Sitaan Warnai HUT Kemasyarkatan

AMBON,N25NEWS.COM – Pemusnahan barang sitaan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ambon dan Rutan Kota Ambon kini mewarnai peringatan HUT Ke-54 Bakti Lembaga Pemasyarakatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Priyadi, Jumat,(27/04) mengungkapkan barang sitaan yang dimusnahkan selama setahun terakhir ini macamnya bervariasi.

“Untuk barang-barang yang disita murni hasil penggeledahan yang dilakukan oleh Satgas Kamtib Kanwil Humham Maluku selama kurang lebih satu tahun,”tandasnya.

Priyadi menambahkan, hasil rampasan tersebut tidak terlalu banyak jumlahmnya sehingga apa yang dilakukan oleh anggota jajaran Lapas di wilayah Maluku baik dan disaksikan oleh anggota Badan Narkotika Nasional Maluku (BNN-Maluku) serta pihak Kepolisian baik Kapolda Maluku dan Kapolres Pulau Ambon dan P.P Lease.

“Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa tekat kita memberantas peredaran narkoba kemudian melakukan langkah-langkah penertiban terkait dengan masalah pungli dan lain-lainya, menunjukan tren yang baik. kedepan mudah-mudahan proses ini akan menjadi lebih baik lagi,” harap Priyadi.

Adapun sistem penertibannya diungkapkan Priyadi dapat melalui proses insidentil yakni kegiatan rutin maupun dadakan yakni inspeksi mendadak (Sidak) oleh Satgas Khusus. Satgas Khusus ini sengaja di bangun untuk menentukan langkah penertiban secara Sidak di Lapas Kelas II Ambon maupun Rutan Ambon.

Menutupnya, memperingati HUT Bakti Lembaga Pemasyarkatan ke-54 oleh Priyadi menjadi moment penting sekaligus menegaskan komitmen dari kemetenterian Hukum dan HAM terkait dengan pembangunan zona integritas yakni bebas dari wilayah korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Berikut barang-barang sitaan yang dimusnahkan di Lapas, Kota Ambon di antaranya, barang sitaan terhitung bulan Mei 2017 yakni 52 Handphone , 17 buah charger, 19 buah headset serta barang sitaan dari bulan Januari 2108 sampai dengan April 2018 ialah 12 buah Handphone, Kabel sepanjang 1 meter, Botol Kaca sebanyak 14 buah, Kaca potong 4 buah, Obat-obatan, gunting 1 buah dan silet 4 buah. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …