Home / Kesehatan / Penambahan Tenaga Kesehatan di Daerah Perbatasan Telah Terpenuhi Oleh Kementerian Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,DR.Meikyal Pontoh,M Kes,

Penambahan Tenaga Kesehatan di Daerah Perbatasan Telah Terpenuhi Oleh Kementerian Kesehatan

AMBON,N25NEWS.COM-Penambahan tenaga kesehatan di daerah perbatasan dengan program Tenaga Nusantara Sehat (TNS) sekarang sudah terpenuhi oleh Kementerian Kesehatan.Dan program Tenaga Nusantara Sehat terebut ada yang berbasis Tim dan juga Perorangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,DR.Meikyal Pontoh,M Kes,kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,jumat (16/11/2018).

Lebih lanjut Pontoh mengatakan,” Jadi kalau misalnya di Puskesmas kesehatan itu semua tenaga kesehatan sudah ada tapi tidak ada dokter,berarti dokternya yang di tempatkan,sedangkan tenaga kesehatan lainya tidak lagi,”kata Pontoh.

Tetapi  kalau misalnya ternyata di perbatasan tidak ada Dokter, tenaga Perawat atau Bidan juga tidak ada maka akan ditempatkan Tim sebanyak  7 atau sampai 8 orang.Sedangkan untuk tenaga kesehatan saat ini cukup memadahi hanya distribusinya saja yang tidak merata seperti wilayah perkotaan di Ambon atau di Maluku Tengah yang tenaga kesehatan di Puskesmas bisa 50 sampai 70 orang.

“Saya pahami betul bahwa ditempat yang lebih terpencil lagi di satu Puskesmas itu hanya sekitar 4sampai 5 orang tenaga kesehatan. Jadi kalu dilakukan distribusi antar Kabupaten maka sudah barang tentu tenaga kesehatan ini  semestinya sudah memadahi hanya karena memang distribusi itu belum dilakukan secara  merata,”jelas Pontoh.

Sementra itu disinggung mengenai mengenai Vaksin MR (Measles Rubella),pemberiannya dan sekaligus upaya pemberantasan virus campak dan rubella ini,di Provinsi Maluku itu sudah dilaksanakan mulai sejak bulan Agustus 2018 lalu.

“Kita di Provinsi Maluku untuk vaksin MR ini masuk disekita peringkat ke 6 dan sekarang kan kita lagi perpanjang pemberian vaksinnya sampai 31 Desaember,tetapi sudah ada beberapa Kabupaten yang telah melampaui target,targetnya kan 95 persen,tapi ada yang sudah 100 persen.Dan sepertinya yang belum melampaui target itu adalah Kota Ambo,Kota Tual dan Maluku Tengah,”Pontoh.

Oleh :Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Bpom Ambon Lakukan Rangkaian Kegiatan Kie

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November, pada …