Penandatangan MoU,KPK Harap Pemda MampuTingkatkan Pendapatan Daerah

AMBON,N25NEWS.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),pemerintah daerah (Pemda) mampu untuk meningkatkan pendapatan daerahnya terutama dari sektor pajak yang akan memberikan kontribusi yang cukup besar kepada pendapatan daerah.

Selain itu,KPKlah yang memfasilitasi penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama (PKS) seluruh pemerintah daerah di Maluku,terkait Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Optimalisasi Pendapatan Daerah,kegiatan ini berlangsung di lantai 2 gedung Islamic Centre Waihaong Ambon,rabu (23/10/2019).

Adapun,hadir dalam kegiatan tersebut,Wakil Ketua KPK Alexander Marwata,Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Orno,Kepala Kejaksaan Tinggi,Kapolda Maluku,Kepala Perwakilan BPKP,Bupati/Walikota se-Maluku,Pimpinan Kantor Wilayah BPN,Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku serta PT Bank Maluku dan Maluku Utara.

Sementara itu,KPK berharap Pemda juga mampu meningkatkan pendapatan daerah di sektor yang lain terutama pajak yang akan memberikan kontribusi cukup besar kepada daerah.Dengan adanya perjajnjian ini maka dimaksudkan dalam rangka penyelamatan asset-aset Pemda melalui kegiatan penertiban asset daerah.

Baca juga :   Pemprov Maluku Menyerahkan 4000 Tanaman Cabai Untuk Dikelola ASN

Diketahui,pengelolahan asset daerah terkait asset kendaraan,maka sudah barang tentu beberapa kendaraan bermotor yang tidak memiliki dokumen lengkap,bahkan kendaraan dinas yang masih dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berhak,maka KPK menorong hal tersebut diatas dapat diselesaikan oleh Pemda.

Sementara itu,mengenai sertifikat tanah maka kerjasama Pemda dengan BPN dan juga terkait koneksi Host to host untuk PBB dan BPHTB,pemanfaatan data Zona Nilai Tanah (ZNT) dan kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).Hal ini akan mendorong peningkatan pendapatan daerah di kabupaten/kota.

Oleh karena itu,KPK mendorong pemerintah daerah yang dibantu oleh pihak bank daerah dalam melakukan pemasangan alat perekaman pajak online kepada wajib pajak seperti hotel dan restoran,sehingga wajib pajak dapat dipungut dan menunaikan kewajiban pajaknya dengan benar yang otomatis akan meningkatkan penerimaan pajak.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Komitmen Implementasikan Program ‘Satu Data Indonesia’

AMBON,N25NEWS.com-Dalam rangka merealisasikan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku …

×

N25NEWS.com