Home / Pendidikan / Pengelolaan Dana BOS, Kepsek SMAN 5 Ambon Pastikan Sesuai Aturan
Kepala SMA Negeri 5 Ambon Sarah Sangadji

Pengelolaan Dana BOS, Kepsek SMAN 5 Ambon Pastikan Sesuai Aturan

AMBON,N25NEWS.COM – Penggunaan dan pengelolaan Dana BOS di SMA Negeri 5 Ambon mulai tahun 2015 hingga 2018 saat ini di kerjakan sesuai dengan peraturan yang ada.

Hal ini di tegaskan Kepala SMA Negeri 5 Ambon Sarah Sangadji, saat di temui awak media, Selasa (13/03/18) di Ruang Kerjanya.

“Kalau tahun 2015 penggunaan Dana BOS di dasarkan pada Permendikbud Nomor 80 Tahun 2015, Sedang untuk tahun Tahun 2016 Permendikbud Nomor 16 Tahun 2016, di jelaskan dana BOS tersebut di peruntukan untuk 15 item yakni pengadaan buku, pengelolaan sekolah, alat habis pakai, bahan habis pakai, daya dan jasa, evaluasi pembelajaran, KBM kurikuler dan ekstrakurikuler, pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana, Penerimaan Siswa Baru, Peningkatan kualitas pembelajaran dan manajemen sekolah, pengelolaan data individual sekolah sesuai dapodikmen, pengembangan website sekolah, asuransi sekolah, peralatan komputer serta pelaporan,” Jabarnya.

Sedangkan untuk  tahun 2017 Permendikbud Nomor 26 Tahun 2017 dana BOS nya di peruntukan untuk pengembangan perpustakaan, Penerimaan Peserta Didik Baru, KBM dan Ekstrakurikuler, evaluasi pembelajaran, pengelolaan sekolah, pengembangan profesi guru, tenaga kependidikan dan manajemen sekolah, daya dan jasa, pemeliharaan sarana dan prasarana, pembayaran honor, pembelian alat multi media,”akuinya.

“Sehingga dalam pembayaran Dana BOS berdasarkan jumlah siswa yang masuk di data Dapodik. Untuk data Dapodik itu sendiri di proses di sekolah, kemudian di upload masuk dan itu di pantau lansung di provinsi maupun di pusat,”ungkap Sarah.

Terkait kendala, dirinya mengakui bahwa sempat ditahun 2015 SMA Negeri 5 Ambon tidak mendapat Dana BOS hal ini di karenakan operator tidak memasukan data ke Dapodik.

“Terhadap hal ini, Setelah Saya memimpin lembaga SMA Negeri 5 Ambon dan Saya melakukan pendekatan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akhirnya Dana BOS SMAN Negeri 5 Ambon di cairkan sesuai jumlah siswa,”tandas Sarah.

Baca juga :   Dirjen Bimas Kristen Hadiri 281 Wisuda UKIM Ambon

Ditambahkan nya, bahwa dana-dana yang masuk di SMAN 5 Ambon ini sesuai dengan tahun anggaran sedangkan sekolah ini bergerak berdasarkan tahun pelajaran.

Kemudian untuk dana-dana ini tersebut kata Sarah sudah di pertanggungjawabkan mulai dari 2015 sampai 2017, baik itu dana BOSNAS maupun dana BOSDA.

Menutupnya, Sarah Menegaskan dalam penyelengaraan Sekolah, Ada kebutuhan sekolah yang tidak terkafer di Dana BOS baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah yang diterima di sekolah makanya atas kesepakatan dengan orang tua maka ditarik sumbangan Komite sebesar 50 ribu/bulan/siswa.

“Sedangkan untuk siswa  miskin sesuai dengan aturan yang ada, pihak sekolah membantu bisa seratus persen tergantung kebijakan sekolah, Untuk itu terkait pembebasan uang sekolah untuk  tahun 2015, ada 105 siswa yang menerima dan  hal ini juga berlansung pada  2016 dan 2017,”Tutupnya.

About admin

Check Also

SUPM Akui Miliki Berita Acara Hibah Lahan Dari Pemda Maluku Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM -Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon mengakui memiliki berita cara pelimpahan hibah lahan …