Breaking News
Ronny Sianressy SH

Pengglembungan Suara Secara Masif Di Kecamatan Pulau Romang,Tuai Protes Dari Caleg Dan Partai Peserta Pemilu

AMBON,N25NEWS.COM-Rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Pulau Romang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),mendapat protes keras dari caleg dan partai peserta pemilu.Hal ini dipicu adanya pengglembungan suara secara masif.

Hal tersebut disampaikan Ronny Sianressy SH,kepada awak media ketika ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,jumat (10/5/2019).

Lebih lanjut Sianressy mengatakan bahwa,” Ada pelanggaran pidana yang dilakukan karena setelah mendaptkan bantahan dari pada saksi.Pembukaan kotak suara itu ditemukan terjadi perbedaan suara yang cukup signifikan dan itu sudah di coblos yang dilakukan oleh Camat Romang atas arahan kekuasaan diatas untuk memenangkan calon tertentu,”kata Sianressy yang juga pengacara flamboyan ini.

Menurut Sianressy lagi,pengglembungan suara ini merupakan pelanggaran pidana.Dan untuk itu bukan persoalan yang diserahkan kepada pihak KPU,tetapi kalu itu pelanggarannya administrasi berarti perbaikannya di administrasi,tapi kalu pelanggarannya pidana pemilu maka proses mekanisme harus jalan dan siapa yang diminta pertannggung jawaban hukum.

“Saya pastikan buat teman-teman media bahwa informasi yang saya dapat adalah informasi yang resmi dan itu juga sudah ada pengakuan resmi dari KPPS serta pengakuan dari Camat Pulau Romang tersebut,”jelas Sianressy yang juga putra asli Lelengluan ini.

Adapun kasus ini harus dibuka secara lurus sehingga menjadi preseden buruk,efek jerah bagi orang-orang yang melakukan manupulasi suara rakyat, karena voks pupuli voks dei,suara rakyat adalah suara Tuhan,maka sudah barang tentu hak rakyat ini jangan dikebiri.

“Untuk itu sebagai putra Tanimbar dan MBD saya meminta untuk pihak aparat penegak hukum agar segerah mengambil langkah hukum karena ini kan juga bukan delik aduan,sehingga dengan informasi ini Gakkumdu segerah melakukan penyelidikan dan biar perlu dibawa keranah hukum dengan ancaman pidana 4 tahun,”tandas Sianressy.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

 

About admin

Check Also

Gubernur Maluku,Menjadi Partai Besar Dalam Demokrasi Butuh Perjuangan Partai Itu Sendiri

AMBON,N25NEWS.COM-Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan untuk menjadi partai yang besar dalam demokrasi saat ini,adalah tidak …