Home / Hukum dan Kriminal / Penjabat Kades Labobar terindikasi korupsi Dana Desa

Penjabat Kades Labobar terindikasi korupsi Dana Desa

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat bertujuan untuk mengsejahterakan dan memperbaiki tingkat kehidupan masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan dan ketegasan Presiden Joko Widodo berdasar kepada peraturan perundang undangan yang berlaku.

Namun lain halnya dengan yang terjadi di Desa Labobar, kecamatan Wuarlabobar. Salah satu Desa yang berpenduduk muslim dari ketiga desa muslim yang ada di kecamatan tersebut, masyarakat desanya mengeluh terhadap kepemimpinan Penjabat Kades Johnson Watwahan, sejak tahun 2016 menduduki jabatan tersebut masyarakat menduga telah terjadi penyimpangan – penyimpangan terhadap penggunaan dana desa.Dibuktikan dengan penyaluran bantuan serta pemberdayaan masyarakat tidak tersalurkan dan terlaksana dengan baik serta tepat sasaran.

Persoalan pengelolaan Dana Desa  yang saat ini terjadi yaitu salah satunya pembangunan 17 rumah penduduk yang dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Pembangunan 17 rumah tersebut tidak kunjung selesai sampai swkarang, sebelumnya warga dijanjikan siap menerima kunci rumah saja dan siap tinggal tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Tetapi pada kenyataannya tidak sesuai yang disepakati, warga diberikan bantuan berupa bahan untuk dikerjakan sendiri. Dana Desa yang digunakan untuk pembangunan 17 rumah tersebut sebesar Rp. 402.475.000. Jika dihitung dengan bahan yang diberikan terjadi Mark up anggaran. Ambil misal dana empat ratusan itu dibagi untuk ke 17 warga maka didapati berkisar 23 juta. Bahan yang diberikan untuk pembangunan 17 rumah warga yakni 50 sak semen, kayu balok 4 meter ukuran 8×8 cm, zenk 60 lembar, paku 5 dos dan uang tunai sebesar Rp.1.700.000. semen yang digunakan seluruhnya berkisar 1.300.lebih jika dibagi ke 17 warga maka akan mendapat kurang lebih 70 sak semen, tetapi yang diberikan oleh pemerintah Desa sebanyak 50 sak semen, lalu 20 sak semen yang sisa dikemanakan.

Menurut keterangan dari kaur kaur desa Labobar tersisa 300 sak semen yang masih ada di toko, setelah wartawan mengecek dilapangan ternyata sudah dibayar dan diberikan seluruhnya kepada Pemerintah Desa Labobar.

Kayu balok untuk tiang sebagian bengkok seperti busur dan tidak dapat dipakai oleh warga. Rumah dengan ukuran 5x7m2 itu akhirnya tidak dapat dibangun oleh warga karena tertumbuk persoalan anggaran.

Sementara Penjabat Kades jarang berada di desa, dan banyak menghabiskan waktunya di luar desa dengan tujuan untuk ang tidak diketahui oleh warga desa Labobar. Setelah dipaksakan untuk membangun rumah warga desa akhirnya hanya dua rumah saja yang sudah di tempati warga itupun hasil usaha sendiri dengan mengutang uang, namun masih saja mengalami kekurangan.

Dari 17 rumah yang dibangun di dua tempat yaitu 4 rumah di dusun Namralan dan 13 rumah di Desa Labobar. Kaur Umum mendapat satu unit rumah dari 17 rumah tersebut, sedangkan masyarakat yang pantas untuk mendapat rumah itu masih banyak.

Akhirnya ketua DPC Aliansi Indonesia Kab.MTB Jenis Masela angkat bicara terkait persoalan dimakaud, setelah mengutus dua orang wartawannya turun langsung ke desa Labobar Sabtu 19 Agustus 2018. Dan mengumpulkan data, bukti maupun keterangan langsung dari masyarakat dan kaur kaur desa Labobar. Ditegaskan Masela persoalan ini harus ditindak lanjuti sampai ke proses hukum terhadap Penjabat Kades desa Labobar, Johnson Watwahan.

Diharapkan Masela, pihak kejaksaan Negeri MTB segera memanggil Oknum Penjabat Kades Labobar untuk diperiksa terkait dugaan korupsi dana desa 2017 dan 2018. Dan meminta Pemerintah Kabupaten MTB dan instansi terkait tidak mencairkan dana desa 2018 tahap kedua sebelum LKPJ 2017 diperiksa keabsahannya. Jika terdapat temuan penyalahgunaan dana desa Labobar segara di proses hukum. Diungkapkan Masela, kalaupun ada oknum pejabat yang mencoba menghalang halangi persoalan ini, harus juga diperiksa dan dihukum, agar tidak berdampak buruk kepada masyarakat.

About admin

Check Also

Marassabesy Di Jadikan Tersangka Penggelapan Dana Nasabah Bank Maluku Cabang Bula

SBT,N25NEWS.COM -Pencairan dana  nasabah Bank Maluku- Maluku Utara Cabang Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur pada …