Penyuluh Agama Harus Jadi Wasit Moderasi Beragama

AMBON,N25NEWS.com -Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Maluku, Fesal Musaad mengatakan, penyuluh agama harus bisa jadi wasit moderasi beragama yang dapat menengani segala macam perbedaan dan perselisihan paham keagamaan.

Moderasi beragama kata Kakanwil dapat diartikan dan diyakini secara absolut ajaran agama yang diyakini dan memberikan ruang terhadap keyakinan agama orang lain.

“Kita bisa lihat secara kasat mata, begitu terang adanya pemahaman ekstrim di kalangan masyarakat yang menghendaki adanya kekerasan dari cara ekspresi beragamanya. Tugas penyuluh bagaimana menengahi itu, merubah yang keras menjadi lunak,”kata Musaad di pembinaan penyuluh agama Kristen bidang Bimas Kristen Kanwil Kemenag Maluku, Kamis(5/12/2019).

Ia mengatakan, pentingnya perhatian penyuluh agama dapat mengimplementasikan moderasi beragama, yaitu menjadikan masyarakat agar terus menjaga pengamalan nilai agama dalam bingkai Negara Kesatian Republik Indonesis (NKRI) dengan mengembalikan fungsi agama sebagai pemersatu hubungan persaudaraan antar sesama manusia.

Baca juga :   Gubernur,Kehadiran MUI Maluku Untuk Mempererat Tali Persaudaraan

“Betapa indah dan damainya hidup negeri ini, jika seluruh masyarakat kita menjadi wasit atau penengah yang saling mengajak satu dengan lainnya untuk terus merawat kerukunan dan kedamaian diantara sesama,” harapnya.

Merawat kedamaian, menurut Kakanwil, prinsip hidup berdamai harus ditebarkan di lingkungan masyarakat, keluarga, tempat bekerja, karena inti ajaran agama pada hakekatnya adalah mewujudkan kedamaian.

Sebabnya, penyuluh agama diminta untuk harus mengembangkan pemahaman intelektual dan gagasannya.

“Jika belum bisa menebarkan kebajikan di lingkungan, setidaknya masyarakat kita dapat ikut menghentikan penyebaran berita negatif di media sosial, Kalau ada berita hoax yang tidak mencerminkan bangsa kita yang agamis, hentikan di kita, jangan ikut-ikutan sebar luaskan hal negatif,” tandas Kakanwi.

Editor : Redaksi

Check Also

SMA Sanata Karya Langgur Gelar Natal Bersama

MALRA,N25NEWS.com – SMA Sanata Karya Langgur melaksanakan Ibadah Perayaan Natal Kristus di Langgur 17 Januari …