Breaking News

Peran Humas Pelni Ambon Belum Maksimal

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah sebelumnya dikritik soal ketidak terbukaan PT Pelni Cabang Ambon terhadap insiden kekerasan dalam bekerja di KM Sabuk Nusantara (Sanus) 87, ini semua akibat peram humas yang dinilai tidak bekerja secara maksimal.

Dimana secara kelembagaan pemerintah atau swasta, peran humas harus bisa sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa lebih optimal.

Namum yang terjadi, peran humas sering menimbulkan kekecawaan terhadapi awak madia yang ingin mendapat informasi akurat atas apa yang ditemui di msyarakat.

“Peran Humas Pelni saya lihat kurang proaktif, entah orang paham dengan humas atau jangan-jangan tidak memiliki kompoten sebagai humas, sehingga kedepan diharapkan bisa lebih maksimal lagi,”sejumlah wartawan yang hendak melakukan konfirmasi pihak Humas Pelni Ambon, Kamis kemarin

Disinggung mengenai adanya tugas dan tanggungjawab sebagai humas, jawab Idrus yang ditugaskan sebagai humas, namun yang bersangkutan hanya bisa menjawab kalau tidak ada arahan dari pimpinan.

Anehnya lagi diminta bisa mengfasilitasi dengan pimpinan tertinggi di Pelni Ambon yang bersangkutan hanya bisa menjawab nanti-nanti, tapi langkah untuk berkoordinasi sama sekali tidak pernah dilakukan dan itu bukan pertama kali tapi sudah sering kali, sehingga apa yang menjadi pemberitaan selalu memojok pihak Pelni yang terkesan tertutup dari awak media.

Sebagai bahan pertimbangan kedepan harus ada evaluasi terhadap pegawai Pelni Ambon yang ditunjuk sebagai Humas, sehingga kedepan dapat mengkanter apa yang menjadi opini publik.

Sementara menyangkut dengan persoalan insiden kekerasan yang dilakukan Mualim 1 terhadap 2 ABK, itu juga telah disampaikan ke humas, kalau ada aksi kekerasan dalam bekerja, tapi yang terjadi humas pun tidak menggrubis atas penyampaian yang disampaikan awak media.

“Kami sudah jalankan tugas sesuai aturan jurnalis yang menggunakan kroscek perimbangan berita, sehingga kalau ada berita yang menyudutkan Pelni jangan salahkan kami sebagai wartawan, tapi itu keselahan ada di humas yang kurang proaktif,”tegas awak media.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Pelindo IV Tawar Dua Konsep Bangun Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menawarkan dua konsep membangun Maluku untuk mendukung program …