Peringati Hari Air Sedunia, IAIN Ambon Pusat Gelar Pembersihan Sungai

AMBON,N25NEWS.COM – 25 tahun sudah, hari ini tepatnya 22 Maret seluruh dunia kemudian merayakan hari Air yang di cetus oleh Perserikatan Bangsa-bangsa.

Bagaimana cara Provinsi Maluku khususnya Balai Wilayah Sungai Maluku merayakannya?

Diakui oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Maluku, Haryono Utomo, saat ini Balai sungai merayakan hari Air Sedunia di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Stain, Kota Ambon.

Itupun pihaknya telah melakukan pembersihan pada badan sungai yang ada disekitar Kampus Orang Basudara tersebut.

“Kita fokuskan pembersihan sungai pada wilayah Kampus ini dengan menggandeng sejumlah pejabat daerah diantaranya, Dinas pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku, didukung oleh ratusan mahasiswa IAIN Ambon, termasuk mahasiswa pencinta alam dan lainya terkait lingkungan alam,” ungkapnya.

Disamping itu, selain Fokus pembersihan sungai di jadikan sebagai peringatan hari air sedunia, dirinya juga mengatakan kita perlu merubah pola pikir masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang di sungai. Sebab bisa berakibat pada bencana alam seperti halnya banjir.

Dalam peringatan hari air ini kemudian Rektor IAIN Ambon, Hasbullah Toisutta juga meminta kepada seluruh masyarakat agar kita lebih menyayangi lingkungan kita dari bahaya pencemaran air sungai akibat timbunan sampah.

“Perubahan pola pikir masyarakat juga harus nyata, agar kedepan tercipta kondisi alam yang bersih bebas dari sampah demi Air. Oleh sebab Sember dari segala kehidupan ialah berawal dari air bersih,” tutupnya. (Amy Latuny)

 

Check Also

Rusdy Ambon Buka Buku Raport PD Pancakarya

AMBON,N25NEWS.com-Setelah hampir satu tahun mengendalikan Perusahaan Daerah (PD) Pancakarya dan menyelesaikan sebagian hutang perusahaan.Direktur Utama …