Breaking News

Perkembangan Kampung KB di Maluku Signifikan

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasinal (BKKBN) Pusat memberikan penilaiannya terkait dengan perkembangan Kampung KB di Provinsi Maluku dinilai baik dan signifikan yakni masuk 10 se-Indonesia.

Hal ini dikatakan Dra.Sri Rahayu,MSi,Kepala Biro Keuangan dan BMN BKKBN Pusat,kepada awak media ketika dimintai keterangannya disela-sela Acara Rapat Kerja Daerah,Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Maluku Tahun 2019 di Santika Hotel,rabu (20/3/2019).

Lebih lanjut Sri Rahayu mengatakan,”Tadi saya sampaikan ada salah satu desa di Maluku yang menjadi percontohan,artinya ada kelihatan perubahan dari sejak sebelum ada Kampung KB di situ,kepesertaan KBnya rendah,kemudian dari sisi fisik sudah ada intervensi dari sektor lain yaitu dari PUPR,”Sri Rahayu.

Sementara itu program Kampung KB ini mulai dicanangkan/digencarkan sejak tahun 2016 lalu sampai sekarang sudah sangat dipahami masyarakat.Namun,yang perlu dikuatkan sekarang adalah bagaimana peran mitra atau integrasi antara mitra-mitra dengan pihak BKKBN untuk membangun Kampung KB yang ada.

Lagi menurut Sri Rahayu,dari hasil pengamatan terlihat bahwa peran mitra (instansi terkait) untuk membangun Kampung KB belum optimal,karena keberhasilan Kampung KB bukan semata-mata menjadi tanggung jawab BKKBN.BKKBN hanya meletakan fandasi Kampung KB,sementara peran seluruh instansi terkait sangat diperlukan melalui intervensi program kerja sesuai dengan tugas masing-masing.

“Mari kita bergandengan tangan secara bersama-sama untuk mengisi Kampung KB dengan program-program yang ada pada dinas masing-masing,”pintanya.

Terhadap mitra yang belum optimal perhatian terhadap Kampung KB,maka perlu dilakukan koordinasi dalam pengajuan program dapat memperhatikan kebutuhan Kampung KB.Tujuannya agar masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya,sehingga dapat berkembang setara dengan kampung-kampung yang lain.

‘Untuk itu ada banyak kriteria dalam menilai perkembangan sebuah Kampung KB,misalnya ada dukungan penuh dari semua steakholder,baik itu kepala desa,terbentuknya pokja dan yang paling bawah seperti masyarakat,kader,tokoh agama dan tokoh masyarakat,”tandas Sri Rahayu.

Reporter  : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

 

About admin

Check Also

Sejumlah Organisasi  Pemuda Minta,Menteri  Dari Maluku Harus Dari Kalangan Pengusaha atau Birokrat Murni

AMBON,N25NEWS.COM – Apa yang di suara sejumlah Organisasi Kepemudaan di Maluku hari ini (8/7),dengan menyampaikan …