Home / Ekonomi / Perum Bulog Divre Maluku Gelar Lounching OPCBP

Perum Bulog Divre Maluku Gelar Lounching OPCBP

AMBON,N25NEWS.COM-Perum Bulog Devisi Regional (Divre) Maluku belum lama ini menggelar Launching OPCBP (Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah),launching ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,dan berjalan secara masif dari bulan januari sampai agustus sudah kurang lebih 450 ton.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perum Bulog Divre Maluku Arif Mandu,saat ditemui belum lama ini di  acara Lounching OPCBP di Gudang Bulog Galala Ambon.

Lebih lanjut Mandu mengatakan,”pelaksanaan Operasi Pasar (OP) betul-betul di optimalkan, tapi tetap kita menjaga stabilitas harga beras yang terutama beras jenis medium dan stok kita cukup banyak saat ini ada kurang lebih 16 ribu ton,jadi cukup untuk 5 bulan kedepan,”kata Arif Mandu.

OP ini terus digencarkan untuk mengantisipasi Natal dan Tahun Baru,walaupun momen tersebut masih lama,tetapi kita akan suplai pasar terus menerus sehingga masyarakat tidak perlu kuatir dan panik dengan masalah ketersediaan stok beras,sebab OP ini akan terus dioptimalkan.

“Stok beras kita terutama beras medium dan premium ada 2000 ton,gula juga ada 2500 ton dan baru masuk lagi 1500 ton,minyak goreng ada 130 ton,dan untuk stok terigu ada 40 ton,dengan demikian kondisi normal ini dipertahankan hingga akhir tahun tetap stabil,”ungkap Mandu.

Mengenai sempat terjadi kelangkaan beras di Kabupaten MTB Arif Mandu menjelaskan,”di Kabupaten MTB sudah ada gudang dengan kapasitas 2000 ton dan baru di operasi di bulan mei,memang di awal tahun sempat terjadi kerawanan pangan,tetapi sudah di  atasi,maka kedepan sudah tidak ada kelangkaan pangan sebab stok kita selalu siapkan,”jelas Mandu lagi.

Adapun Lounching OPCBP ini semacam peluncuran sekaligus rapat evaluasi pelaksanaan OP selama ini apakah berjalan,makanya hadir dari beberapa dinas terkait seperti Desperindag,Dinas Pertanian,Dinas Ketahanan Pangan,kemudian dari BPS (Badan Pusat Stastestik) dan Satgas Pangan Polda serta Steakholder untuk kawal bersama-sama stabilitas harga.

“Jadi Operasi Pasar (OP) kurang lebih ada 51 titik toko di Maluku dan Maluku Utara dan kita fokus di pasar sesuai catatan BPS jadi jumlah RPK itu ada 251 titik dengan demikian total RPK ada 302,”tandas Arif Mandu.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Harga Telur di Ambon Masih Tinggi

AMBON,N25NEWS.COM-Rekap hasil operasionalisasi pantauan pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku mencatat berbagai kebutuhan pokok …