Home / Agama / Pesan Kakanwil Agama ”CJH Menjaga Marwa Bangsa”
Penyerhan bendera kloter dari Kakanwil Fesal Musaad kepada ketua kloter 10 Abdul Wahab Putuhena dalam proses pelepasan menuju Madina

Pesan Kakanwil Agama ”CJH Menjaga Marwa Bangsa”

MAKASAR,N25NEWS.COM – Disela-sela pelepasan 450 Calon Jemaah Haji (CJH) Maluku yang tergabung dalam kloter 10 oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makasar yang berlangsung di aula keberangkatan asrama haji Sudiyan Makasar Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad berpesan, CJH bisa menjaga marwa bangsa selama berada di Arab Saudi.

“Kita ini bangsa yang dikenal sebagai bangsa yang memiliki sopan santun, sehingga kita harus tetap menjaga prestasi itu dimata dunia sebagai tamu Allah di Tanah Suci Mekkah,”ingat Musaad kepada CJH Maluku khususnya kloter 10 yang hendak diberangkatkan dari asarama haji Sudiyan Makasar,Senin malam.kemarin

Selain itu CJH juga diimbau untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan serta fokus untuk kegiatan pokok ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina.

CJH juga dianjurkan memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi makanan dan buah-buahan, istirahat yang cukup serta menghindari kontak langsung dengan matahari dan selalu menggunakan masker agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Untuk itu CJH dapat menjaga nama baik bangsa Indonesia sebagai negara dengan mayoritas umat muslim. Perilaku dan hal lain selama di Negara Arab Saudi hendaknya dijaga, mengingat tradisi dan hukum di negara tersebut berbeda dengan Indonesia.

Orang nomor satu di Kemenag Maluku juga berpesan, rasa kebersamaan harus tetap terjaga satu dengan yang lain, saling bantu dan saling menasehati demi kesuksesan ibadah haji dengan harapan pridikat haji mabrur dapat disandang.

Bagi petugas haji juga diminta  hendaknya profesional menjalankan tugasnya. “Profesional artinya, dalam melayani jemaah haji dengan sebaik-baiknya. Agar para CJH dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusuk,” tegasnya.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Dipastikan Oktober Kantor Kemenag Pinda Lokasi, Menag Canangkan PTSP

AMBON,N25NEWS.COM –Dipastikan di bulan Oktober 2018 mendatang ini, Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku yang sementara …