Home / Ekonomi / Peternakan Telur Di Maluku telah Memenuhi 50 persen Kebutuhan Masyarakat Kota Ambon
Rasyid Arwa Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Provvinsi Maluku

Peternakan Telur Di Maluku telah Memenuhi 50 persen Kebutuhan Masyarakat Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM-Ketergantungan Provinsi Maluku dalam hal ini Kota Ambon akan  Telur yang di  ini datangkan dari Surabaya telah menjadi perhatian Dinas Pertanian Provinsi Maluku dimana untuk 3 tahun belakangan ini bersama dengan DPRD Maluku Dinas Pertanian Maluku mencoba mengembangkan peternakan ayam dan telur.

Hal ini dikatakan Rasyid Arwa Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Provvinsi Maluku   kepada media ini katanya strategi pemasaran yang coba di kembangkan untuk ayam dan telur ini dimulai dengan Desa Assilulu yaitu ada 4.000 ekor kemudian Desa Seith 2 .500 ekor  dan DesaTulehu 2.500 ekor serta di STAIN 3.000 ekor dan itu sekarang sudah di produksi untuk bisa memenuhi kebutuhan Kota Ambon.

Dengan demikian kata Rasyud,Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat,sudah tidak tergantung lagi untuk mendatangkan telur,karena kalau di ambil dari Surabaya dan di kirim ke Ambon itu mengalami proses yang lama akibatnya telur yang sampai di kabupaten/kota sudah rusak.

”Makanya sampai ke konsumen kalau  satu minggu sudah rusak,namun sekarang ini hanya memesanan dari kita (Desa Assilulu) karena kita tidak mau ambil lagi dari Surabaya,”jelas Rasyid Arwa Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian ini.

Lebih lanjut dikatakannya pesanan ayam dan telur dari Surabaya biayanya sangat mahal sekali,kadang sudah dibayar mahal kualitasnya sangat diragukan (busuk).karena ada peluang maka Srategi kita kedepan kita punya perternakan dan bisa di kembangkan dan otomatis akan bisa memenuhi kebutuhan dalam provinsi Maluku sendiri.kedepna Maluku punya potensi makanya saatnya untuk di galkan pertenakan telur di maluku

“Jadi kebutuhan Kota Ambon akan telur,sudah bisa kami penuhi sekitar 50 persen,”tandas Kepala Seksi Kesehatan Hewan ini.

“Untuk telur ayam asal  Desa Assilulu, itu sudah di bawa ke Seram Utara sedangkan Desa Suli di bawah langsung ke Seram Timur,”tandasnya.

Baca juga :   KSOP Tegaskan PELNI Tidak Jualan Tiket di Pelabuhan

Jadi Rasyid menghimbau untuk masyarakat yang akan memasuki Bulan Suci Ramadan nanti tidak usah kwatir karena stok telur untuk Kota Ambon dan kabupaten/kota lainnya akan tersedia dan masih aman sehingga masyarakat bisa memasuki buln puasa denggan baik. .(Aris.Wuarbanaran)

About admin

Check Also

KSOP Tegaskan PELNI Tidak Jualan Tiket di Pelabuhan Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang arus mudik lebaran Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I A …