Home / Politik / Pilkada : Pormes Sebut Suara Rakyat Patahkan Koalisi Partai

Pilkada : Pormes Sebut Suara Rakyat Patahkan Koalisi Partai

AMBON,N25NEWS.COM – Babak akhir pertarungan politik jelang Pilkada Maluku tak lain ialah menang dan kalah.

Merujuk pada hal tersebut, jumlah koalisi petahana antara pasangan calon dan partai pengusung pun menjadi sarana serta syarat Pemenangan pasangan calon usungan.

Anggapan tersebut, menimbulkan adanya sanggahan santai keluar dari mulut salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Fraksi Partai Golongan Karya, Zeth Pormes.

Selaku Ketua Tim Pengarah Pasangan SANTUN tingkat Kota Ambon, kepada awak media Pormes mengatakan bahwa fakta itu bisa di patahkan.

“Saya kira fakta itu bisa dipatahkan lewat fakta empirik di lapangan. Karena selama ini, secara empirik kita lihat pada pilkada fase pertama 2017 di Kota Ambon, begitu banyak koalisi jumbo kalah dari koalisi dikit,” ungkap Pormes, Rabu (11/04) di Kantor DPRD Kota Ambon.

Dirinya menambahkan, Terlepas dari pada Jumlah Koalisi, People Power atau suara rakyatlah yang kemudian menjadi penentu kemenangan pasangan calon.

Terkait hal itu, dirinya kemudian mengakui proses ini nyata adalah mutlak milik rakyat. Dan koalisi tak menentukan arah kemenangan pasangan calon maupun partai pengusungnya.

“Nah, kita kembali berkaca pada pengalaman pilkada 2017 lalu, Pasca pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Pasangan dengan Koalisi sembilan partai, PANTAS kemudian kalah dari PAPARISA BARU yang koalisinya hanya tiga partai. Itupun arena Pilkada langsung adalah kekuatan rakyat/suara rakyat,” tukasnya.

“Saya kira klaim itu sah saja, tapi fakta empirik bisa mematahkan di fakta lain pada pilkada,” tandasnya.

Disisi lain, terkait kinerja partai jelang Pilkada dirinya dengan lantang menyebut proses kedepan tiada hari tanpa konsolidasi. (Amy Latuny)

 

About admin

Check Also

Ridwan Rahmah : Kegiatan Penyelidikan Ditreskrimsus Polda Maluku Merusak Sistim Hukum

AMBON,N25NEWS.COM – Palaksana tugas Ketua DPD Partai Golkar Maluku Ridwan Rahmah dalam keterangan pers minggu …