Pining : Sistem Bantuan Non Tunai Lewat Kartu ATM

AMBON,25NEWS.COM-Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan melalui kartu ATM sebanyak 10 juta keluarga yang sebelumnya PKH menerima beras rastra bulog.Tetapi untuk sekarang sitem tersebut telah di ganti dengan bantuan pangan non tunai lewat kartu ATM.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku,Sartono Pining kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,selasa (8/1/2019).

Lebih lanjut Pining mengatakan bahwa,”Bantuan non tunai baru di uji coba pada tahun 2018 kemarin tapi hanya dua Kabupaten/Kota yaitu Kota Ambon dan Kota Tual.Dan ternyata dari hasil evaluasi kemarin kita mendapat hasil posetif,uji coba tersebut dari bulan Oktober,November dan Desember,nanti di tahun 2019 baru akan di mulai dari bulan Januari,”kata Pining.

Sementara itu bantuan uang tunai yang masuk ke rekening KPM akan dengan beberapa tahapan,maka secara otomatis ini merupakan hal yang sangat luar biasa dari Pagu anggaran yang di kasih lebih dari Rp.100.000 lebih sedikit.

Sedangkan untuk penistribusian beras bulog tergantung pada perbedaan wilayah di Indonesia dimana beras yang diterima 10 kg untuk Kabupaten/Kota ada tantangannya yang luar biasa dimana beras dikasih dalam bentuk uang sebesar Rp.1.10.00 per bulan maka kalau mereka membeli beras yang harganya Rp.13.000 otomatis sudah tidak mwncapai 10 kilo.

“Karena itu lebih baik kita terima beras 10 kilo yang mana sampai ke wilayah terpencil dengan dukungan Kabupaten/Kota untuk pembiyaan dari titik distribusi ke titik bagi,ketimbang kita terima uang,olehnya maka pertimbangan itu kita ajukan sehingga nanti direncanakan dari bulan Maret sampai April itu masih dengan rastra,”tandas Pining

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

Evaluasi RPJMD Diserasikan Dengan Visi-Misi Gubernur Dan Wakil Gubernur Terpilih

AMBON,N25NEWS.COM – Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Maluku tahun 2020 ini harus diserasikan …