PKH dan BPNT, Kontribusi Besar Terhadap Penurunan Angka Kemiskinan

AMBON,N25NEWS.COM – Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan salah satu program pemerintah yang berkontribusi besar dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindusterian (Menperi) RI, Airlangga Hartarto dalam arahannya saat menghadiri acara penyaluran bantuan PKH dan BPNT yang berlokasi di Audiotorium Unpatti, Sabtu (9/2/2019).

Menurut Menperin, pemerintah dalam lima (5) tahun terakhir memberikan perhatian serius dalam penanggulangan kemiskinan dan ketimpangam.

“Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya anggaran bantuan sosial (bansos) yang terjadinya 5,4 Triliun ditahun 2014 menjadi 34,4 Triliun ditahun 2019, serta perluasan target sasaran yakni jumlah kelompok penerima manfaat (KPM) PHK yang pada tahun 2014 berjumlah 2,79 juta KPM me jadi 10 juta KPM ditahun 2018,” ungkapnya.

Besar harapan, lanjut Menperin, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang layak.

“Kiranya lewat bantuan yang disalurkan, para penerima bantuan dapat keluar dari keterpurukan ekonomi dengan mewujudkan kemandirian ekonomi sehingga tidak selamanya  bergantung pada bantuan pemerintah,” harapnya.

Menperin menghimbau kepada pemerintah daerah agar dapat mengawal dan memonitoring pelaksanaan program bantuan sosial agar berjalan dengan baik dan kemanfaatan yang  sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberi perhatian kepada masyarakat khususnya di kota Ambon, dalam hal pemberian bantuan lewat PKH dan BPNT.

“Patut kita berikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat lewat PKHnya. Program ini mampu memberikan harapan bagi keluarga-keluarga kurang mampu untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” akunya.

Walikota mengakui, dengan adanya bantuan lewat PKH dan BPNT, tren penurunan tingkat kemiskinan di Kota Ambon semakin signifikan.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan bagi keluarga yang kurang mampu yang rentan dan mengacu pada kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan adalah sasaran yang sangat tepat.

Oleh karena itu, Walikota menghimbau kepada para penerima bantuan agar dapat mempergunakan bantuan itu sebaik-baiknya guna meningkatkan kesejahteraan.

“Bagi keluarga penerima bantuan, saya menghimbau untuk dapat mempergunakan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan,” tutup Walikota.

Penulis : Mendy S

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

Kampung KB RW 08 Negeri Passo Mulai Di Berdayakan

AMBON,25NEWS.COM – Kampung KB yang berada di Negeri Passo tepatnya di RW 08,dari pencanangannya 13 …