PLN Sektor Pembangkitan Sembelih Empat Hewan Kurban

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah sebagian hewan kurban dibagikan, dalam mengingat sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail AS, PLN Sektor Pembangkitan PLN M2U menyembelih empat hewan kurban jenis sapi.

Pantaun koran ini dilokasi penyembelihan hewan kurban yang dipusatkan di PLTD Poka, Rabu(22/8/2018) kemarin dilaksanakan usai ibadah Sholat Idul Adha 1439 H/2018 M.

Kordinator penyelembihan hewan korban PLN Sektor Pembangkitan M Nur Sahid dalam laporannya menjelaskan, jumlah peserta korban di PLN Sektor yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara terdapa 96 orang, dengan jumlah hewan kurban yang terkumpul sebanyak 19 ekor sapi yang sudah tersebar disemua unit sektor, termasuk penyerahana ke beberapa masjid di Kota Ambon, sisanya empat ekor disembelih sendiri oleh Sektor.

Sementara untuk hewan kurban yang disembelih, dagingnya akan didistribusi kepada orang yang berkurban termasuk sebagian diserahkan kepada yang berhak menerima.

Manager PLN Sektor Pembangkitan Maluku Muhammad Rusli Sain dalam arahan singkatnya mengatakan, pemotongan hewan kurban yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu bentuk wujud implementasi untuk bagaimana  mengenang kecintaan kita terhadap keluarga besar Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail atas pengorbanan yang mereka ilakukan pada zaman itu atas kecintaan terhadap Allah SAW.

Yang mana kecintaan mereka terhadap perintah Allah SAW terhadap pemanggilan penyembeliihan nabi Ismail atas perintah Allah yang kemudian atas kuasa jualah diganti dengan seekor kambing atau domba.

Baca juga :   Peringati Maulid Nabi, TP-PKK Maluku Datangkan Syeikh Ahmad Al Misry

Dengan harapan semoga apa yang telah dilakukan Nabi Ibrahim dan Ismail dapat diimplementasikan sebagai wujud kita pegawai PLN Sektor untuk lebih lagi bekerja keras, sebagai pelayan masyarakat dalam melayani kelistrikan di Maluku dan Malut, sehingga apa yang telah diberikan dalam bentuk berkorban dapat mendapat pahala yang setimpal sesuai perbuatannya dan mendapat tempat disisi Allah SAW.

Al Ustad Arsal Tuasikal dalam hikmah berkurban singkatnya  menjelaskan, berkurban merupakan ritual keagamaan yang meneladani perjalanan nabi Ibrahim dan nabi Ismail. kita juga sering mendengarkan atau membaca cerita tentang beliau. akan tetapi sebenarnya apa makna yang terkandung dalam ibadah kurban tersebut.

Dimana makna kurban sendri merupakan pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT, dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya, serta mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi dan memperkuat keteguhan hati dan jiwa diri setiap umat.

“Jadi  semua makna kurban itu harus dicermati dan diperhatikan baik-baik karena sungguh berkurban berarti pendekatan kita kepada Allah SWT. Sikap iman dan taqwa juga meliputi itu semua. Kesadaran dalam jiwa yang menumbuhkan sikap iman dan taqwa dalam diri kita dengan makna-makna tersebut,”ungkap Tuasikal.

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com