PLN UIW MMU Secara Simbolis Tanam 1ooo Pohon Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Nasional

AMBON,N25NEWS.com – PT.PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara secara simbolis melakukan penanaman 1000 pohon yang di pusatkan di SMA Siwalima Ambon dalam rangkah Hari Pohon Nasional yang jatuh pada tanggal 28 November 2019.

Dalam sambutannya PH GM PLN UIW MMU Pedi Sumanto mengatakan bahwa lsu terkini yang menjadi perhatian dunia adalah perubahan iklim dan pemanasan global.

Dampak yang paling jelas kata Sumanto,adalah makin panjangnya musim panas dan makin pendeknya musim hujan, makin banyaknya wabah penyakit endemik “lama dan baru” yang merata dan terus bermunculan; seperti demam berdarah, diare, dan malaria.

Lanjut Sumanto,mengingat dampaknya yang begitu luas, maka perlu komitmen seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengatasi pemanasan global.

“Untuk itu,upaya yang dapat dilakukan di antaranya adalah dengan banyak melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon. Penanaman pohon menjadi hal yang perlu digalakkan. Karena pohon diyakini mampu menyerap kadar C02 dalam atmosfer. Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan, yaitu mengatur tata air, menyuburkan tanah, menghasilkan buah-buahan dan kayu,’jelas PH GM PLN UIW MMU Pedi Sumanto dalam sambutannya di SMA Siwalima Ambon.

Selain itu Sumanto mengatakan bahwa Kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon seperti yang dilaksanakan pada Sekolah SMA Negeri Siwalima Ambon ini adalah sebagai salah satu program  kepedulian sosial PLN saat ini,dilandasi dengan kesadaran untuk melakukan perbaikan lingkungan.

Baca juga :   Sekretaris KPU Buru , informasi Kehilangan Uang 50 juta di Mejanya tahun 2019 Hoax

“Saat ini, upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan Iahan, melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan, sudah tidak dapat ditunda  lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya  lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa  jenis flora dan fauna, kebakaran Iahan dan hutan dan ledakan penduduk,”katanya.

Untuk itu kata Sumanto kalau Hutan yang terpelihara dengan baik, dan Iahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi lindung bagi Iahan di sekitarnya. Dengan demikian Iahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, Iahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga keseimbangannya.

Diapun berharap  dengan acara simbolis penanaman 1000 pohon pada Sekolah SMA Negeri Siwalima ini dapat menggerakkan putra putri kita sebagai generasi penerus  bangsa untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

 

 

Check Also

Kosgoro Kota Ambon Siap Gelar  Musda

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Dewan Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Kota Ambon siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda) guna memilih …