Breaking News

PLN UP3 Ambon Raih Bendera Emas Sertifikat SMK3 Kategori Tingkat Lanjutan

AMBON,N25NEWS.COM – PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (PLN UIW MMU) terus menunjukkan komitmennya dalam penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan kerjanya.

Hal ini ditunjukkan melalui salah satu unit kerja dari PLN UIW MMU yakni PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon yang berhasil mendapatkan Sertifikat SMK3 kategori tingkat lanjutan dengan hasil pencapaian 90,36% dan meraih bendera emas.

Penghargaan ini diterima oleh Manager PLN UP3 Ambon Husein Sobri pada hari Senin (22/4/2019) di Jakarta dalam acara Penghargaan K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih bendera emas untuk penerapan SMK3 kategori tingkat lanjutan pada sektor industri energi listrik. Tentu ini menjadi motivasi kami untuk terus berkomitmen menerapkan SMK3 di lingkungan kerja dan pekerjaan sehari-hari” ujar Sobri.

Sebagai informasi, perusahaan yang akan menerima sertifikat SMK3 harus dibuktikan dengan hasil audit eksternal, dimana unsur-unsur dalam audit SMK3 yakni meliputi pembangunan dan pemeliharaan komitmen, strategi pendokumentasian, pengendalian dokumen, dan beberapa unsur lainnya. Untuk penilaian kategori tingkat lanjutan, dilakukan penilaian penerapan SMK3 terhadap 166 kriteria yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012.

Dalam 3 (tiga) tahun terakhir, PLN UIW MMU telah meraih beberapa penghargaan SMK3, Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) dan Sistem Manajemen Mutu (SMM), antara lain:

Baca juga :   Pemda Maluku Dan Pusat Mantapkan Sinergitas Nilai-Nilai Bela Negara

1. Kantor Wilayah PLN UIW MMU meraih nilai 97,54 pada penerapan SMK3 di tahun 2016
2.Gardu Induk (GI) Passo meraih Bendera Emas pada penerapan SMK3 di tahun 2017
3. GI Sirimau meraih Bendera Emas pada penerapan SMK3 di tahun 2017
4. GI Passo meraih Bendera Emas pada penerapan SMP di tahun 2017
5. GI Sirimau meraih Bendera Emas pada penerapan SMP di tahun 2017
6. PLTD Poka meraih Bendera Biru pada penerapan SMP di tahun 2016
7. PLTD Hative Kecil meraih penghargaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) di tahun 2019

Penghargaan K3 merupakan agenda yang selalu dilaksanakan oleh Kemenaker setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan K3 kepada perusahaan, pemerintah daerah, serikat pekerja maupun pekerja dalam menerapkan K3.

Pada tahun 2019 ini, ribuan perusahaan menerima penghargaan K3 dari Kemenaker dalam 3 (tiga) kategori, yakni penghargaan SMK3 kepada 1.466 perusahaan, penghargaan kecelakaan nihil kepada 1.052 perusahaan dan penghargaan kategori program pencegahan HIV/AIDS di tempat kerja kepada 172 perusahaan.

Di samping itu, penghargaan K3 juga diberikan kepada 17 Gubernur atas prestasinya sebagai pembina K3 terbaik di daerahnya.

Sumber Humas PLN

About admin

Check Also

Sebanyak Seratus Guru Sejarah SMA dan SMK Dari 34 Provinsi se-Indonesia, Ikuti Kegiatan INTI BANGSA

AMBON,N25NEWS.com -Sebanyak Seratus Guru Sejarah SMA dan SMK dari 34 provinsi se-Indonesia, mengikuti kegiatan Internalisasi …