Breaking News
PLT Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Dra.Renta Rego

PLT Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Buka Kegiatan Destiminasi Hasil SDKI 2017 Nasional Dan Maluku Tahun 2019

AMBON,N25NEWS.COM – PLT Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Dra.Renta Rego  membuka  Kegiatan Destiminasi Hasil SDKI 2017 Nasional dan Provinsi Maluku Tahun 2019 di senin (25/03/2019) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Kegiatan yang di hadiri BKKBN Provinsi dan Kota ,Dinkes Provinsi dan Kota,Koalisi Kependudukan ,Koalisi Muda Kependudukan,FABSEDO Provinsi,Pusat Studi Kependudukan,OPD KB Kota Ambon dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Maluku.

Dalam arahannya PLT Perwakilan BKKBN Priovinsi Maluku Dra.Renta Rego menegaskan bahwa Ia menyambut gembira kegiatan Destiminasi Survai  Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI)tahun 2017  yang di prakasai oleh Pusat Penelitian Kependudukan (PUSDU) BKKBN,yang di laksanakan 5 tahun sekali,yang secara lansung dapat memotret hasil SDKI bagi para mitra kerja dan penentu lebijakan sehingga data tersebut dapat di manfaatkan untuk mengukur tingkat kualitas dalam rangka meningkatkan Sistim Informasi Manajemen (SIM).

Selain itu kata Rego,kegiatan ini  di laksanakan dalam rangka menunjang tersedianya,data dan informasi program kependudukan,KB dan pembangunan keluarga yang telah di lakukan melalui pelaksanaan Sistim Informasi Manajemen yang salah satu di antaranya “Survai Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI)

“Untuk itu suatu alat yang perlu  di kuasai adalah pemakaian tools (alat) untuk analisis berbagai program sesuai perkembangan kemajuan teknologi informasi,sehingga data dan informasi program Kependudukan,KB dan Pembangunan Keluarga secara cepat,tepat dan akurat,”ujar Renta Rego.

Baca juga :   Buka Kegiatan Advokasi Program KKBPK,Plt Kepala BKKBN Perwakilan Maluku Minta IBI Se-Maluku,LSM,TNI Dan Jurnalis Perbanyak Dan Tingkatkan Advokasi Program KKBPK

Pengembangan dan pemanfaatan hasil SDKI ini kata Rego,dapat di aplikasikan dengan menggunakan perangkat dan tata cara kerja teknologi modern.

“Untuk itu di perlukan pula peningkatan sumber daya manusia yang handal dan kompoten sehingga mampu mengelolah data yang betul-betul akurat,”kata PLT Perwakilan BKKBN Maluku daalam sambutannya.

Lanjut Dia,satu bidang yang harus di kuasai adalah pemakaian tools (alat)untuk Analisis Demografi antara lain mencakup target laju Pertumbuhan Penduduk (LPP),pengelolaan keluarga berencana dan mekanisme yang telah di tetapkan sehingga variabel-variabel Kependudukan dan KB serta Kesehatan  Nasional di Provinsi Maluku dapat terwujud.

“Selain itu,hasil SDKI 2017 yang merupakan data statistik BKKBN dan Kesehatan di manfaatkan dan di fungsikan sebagai data mikro terutama bagi pembuat kebijakan dan pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga(KKBPK) serta berkaitan dengan penyediaan informasi dan data keluarga untuk mendukung opeerasionalisasi dan manajemen program KKBPK,sehingga di harapkan dapat menyediakan data dan infoemasi  yang berkualitas ,akurat,tepat waktu dan dapat di percaya,”pungkasnya.

 

About admin

Check Also

Renta Rego:Komitmen Walikota Ambon Terhadap Program KKBPK Dapat Apresiasi Dari Seluruh Indonesia

AMBON,N25NEWS.COM-Plt Kepala BKKBN Perwakilan  Provinsi Maluku,Dra.Renta Rego di hadapan Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan penghargaan …