Plt Sekda Malra Kukuhkan Pengurus Bunda Paud Kecamatan.

MALRA,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Tenggara (Malra),Bernadus Rettob,menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya Pengurus Bunda Paud Kecamatan,Kabupaten Maluku Tenggara,yang berlangsung di Aula Kantor Sekretariat Daerah,selasa (10/12/2019).

Adapun,dalam sambutan Bupati Malulu Tenggara Drs. M Taher Hanubun yang disampaikan Plt. Bernadus Rettob mengatakan melalui pengukuhan pelayanan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Maluku Tenggara khususnya pada tingkat kecamatan semakin baik dan berkembang,yang salah satu fokus pembangunan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Visi Emas Tahun 2045,adalah pentingnya kita mewujudkan SDM yang unggul,berdaya saing, mandiri dan berkedaulatan,sesuai gambaran dan cita-cita maka seyogyanya harus di rencanakan dan disiapkan mulai dari sekarang sebab persiapan tersebut harus dilakukan secara sistematis melalui pembinaan dan pendidikan kepada anak usia dini,”kata Rettob.

Paradigma dan perspektif dan anak usia dini harus di ubah saat ini pentingnya pendidikan usia dini harus berada pada level pendidikan dasar dan menengah.Paud merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembangnya anak sehingga kelak mereka menjadi modal pembangunan yang berdaya saing tinggi.

“Upaya kita adalah membentuk karakter dan kepribadian melalui peletakan dasar ke arah perkembangan fisik dan kecerdasan daya pikir, daya cipta, spiritual, emosi dan komunikasi yang berkaitan dengan hubungan sosial,”jelas Rettob.

Ditambahkannya lagi,Institusi atau lembaga pendidikan anak bukan tanggung jawab semata, malainkan memerlukan peran aktif dan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan pelayanan Paud yang berkualitas.Dalam hal itulah pemerintah daerah harus mengambil peran sebagai fasilitator yang menjamin layanan Paud terselenggaranya secara baik

Adapun,sebagai Bunda Paud diharapkan berperan sebagai penggerak untuk mewujudkan paud yang berkualitas melalui kepedulian pemberdayaan dan peran serta masyarakat.Jabatan sebagai Bunda Paud adalah sebagai motifator, fasilitator dan tokoh sentral bagi meningkatnya gerakan pelayanan paud berkualitas.

Selain itu Bunda Paud kapasitasnya harus mampu memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan advokasi pelaksanaan gerakan Paud berkualitas.

“Saya berharap momentum pelantikan Bunda Paud kecamatan hari ini dipahami sebagai tugas mulia dan dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab penuh komitmen untuk mengabdi dan berkarya bagi daerah melalui pembinaan pendidikan anak usia dini yang berkualitas bagi penyediaan SDM  unggul Maluku Tenggara kedepan,”tandas Rettob

Sementara itu,Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Malra Eva Hanubun mengatakan,pelantikan PKK dan Bunda Paud di kecamatan ini dilaksanakan karena terjadinya pergantian Camat pada tiga kecamatan ,pelantikan ini juga harus senangtiasa dimaknai sebagai suatu implementasi dan konsolidasi organisasi PKK yang merupakan suatu wujud kegiatan dan salah satu program kerja PKK Kabupaten Malra.

Pengukuhan ini juga dilakukan dalam rangka penguatan organisasi Tim Penggerak PKK disemua jenjang kepengurusan,sebab visi dari PKK ini adalah untuk mewujudkan keluarga beriman dan bertaqa serta berakhlak mulia serta berbudi luhur sehat sejahtera maju dan mandiri yang bekseseteraan gender.

“Untuk itu saya harap Paud harus diberi rangsanagan dari lingkungan terdekat itu sangat diperlukan untuk dioptimalkan kemapuan anak,sebab Paud merupakan pendidikan yang sangat berdasar dan strategi dari pembangunan SDM,maka tidaklah mengherankan banyak Negara termasuk kita Indonesia menaru perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan Paud,”tandas Eva Hanubun.

Check Also

Sosialisasi Dan Antisipasi Penyebaran Virus Corona Di Malra

MALRA,N25NEWS.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar acara sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19),dimana virus mematikan …