PMII Tidak Ada Faksi Timur Yang Ada Hanya Nusantara, Mari Kita Legowo Untuk Gus Abe

Namlea,N25NEWS.com -Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), sudah selesai. Muhammad Abdullah Syukri terpilih sebagai ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII. Isu dikotomi PMII Indonesia Timur masih saja dihembuskan oknum-oknum tertentu.

Dinamika ini dinilai kader PMII Cabang Kab Buru sangat tidak membangun dan mendidik kader PMII. Pengurus Cabang PMII Kab Buru, akhirnya angkat bicara menyikapi problem tersebut.

Sekretaris Cabang PMII Kab Buru Ari Turaha menyatakan, kandidat yang mengklaim PMII Timur Bersatu sudah seharusnya legowo atas hasil Kongres XX yang dilaksanakan secara zonasi, dan tidak lagi membangun sekat atas nama organisasi secara wilayah.

”Dalam pertarungan Kongres kemarin sahabat M. Abdullah Syukri terpilih secara konstitusi. Jadi, semua kandidat harusnya menerima dan Mendukung apa yang sudah menjadi hasil keputusan Kongres di enam zona itu. Persoalan kalah dan menang sebagai kader kita harus lapang dada dan tidak lagi mengklaim PMII Indonesia Timur untuk mendikotomi PMII,” tandas Ari Turaha Rabu (31/03/2021).

Senada dengan itu, kader PMII Cabang Kab Buru, Abdul Nurlatu, juga Menegaskan untuk melakukan percepatan pembentukan panitia KONFERCAB PMII Kab Buru, Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Nomor: 343 PB-XIX.01-275.A-1.03.2019 Tentang Susunan Pengurus Cabang PMII Kabupaten Buru MASA KHIDMAT 2019-2020. Sudah Habis.

Nurlatu juga menyesali pihak-pihak yang ingin mengklaim Indonesia Timur sebagai gerakan Pemecah Bela Organisasi.

“Kami adalah PMII, tidak ada PMII Timur, Barat, Selatan, dan Utara. PMII adalah organisasi yang menjangkau seluruh Nusantara bahkan dunia. tidak ada PMII Indonesia Timur,” tegasnya.

Diketahui, sebanyak 16 kandidat bertarung dalam Kongres XX PMII di Balikpapan, Kalimantan Timur yang berakhir pada 26 Maret 2021. Pemilihan dilakukan dalam dua putaran. Putaran pertama Kamis (25/3/2021), terdapat empat calon. Muhammad Syarif Hidayatullah meraih 63 suara, disusul Abdullah Syukri 68 suara dan Rafsanjani 48 suara, dan Faikar 35 suara.

Di putaran kedua sisa dua kandidat yang maju yaitu; Muhammad Syarif Hidayatullah dan Muhammad Abdullah Syukuri.

Hasilnya, Muhammad Syarif Hidayatullah, hanya meraih 111 suara, sedangkan Muhammad Abdullah Syukuri memperoleh 130 suara. Muhammad Abdullah Syukri terpilih sebagai Ketua Umum PB PMII Periode 2021-2023.

Reporter : Kiswan

Editor : Redaksi

Check Also

Polisi Mulai Bongkar Sindikat Kasus Dugaan Penggelapan Uang Di KPU Buru

NAMLEA,N25NEWS.com -Polres Buru mulai melakukan pemeriksaan saksi dalam kasus dugaan penggelapan uang 50 Juta di …