Home / Ekonomi / Pohon Gaharu Diminati Pakar Peneliti Unpatti

Pohon Gaharu Diminati Pakar Peneliti Unpatti

AMBON,N25NEWS.COM – Hasil Penelitian-penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para pakar Universitas Pattimura Ambon akan di publikasikan kedepan.

Dan nantinya hasil Penelitian ini akan di lakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah dengan harapan hasil penelitian ini akan menghasilkan produk bermutu.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Pattimura Ambon, M.J Saptenno usai di temui dalam acara sosialisai adaptasi perubahan iklim dan ketangguhan yang diselenggrakan oleh lembaga USAID kerjasama dengan pemerintah daerah Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Bappenas, Selasa kemarin (20/02) pada lingkup Kantor Gubernur Maluku.

Menurut Saptenno, Saat ini Universitas Pattimura telah mengembangkan penelitian minyak Astri yang produknya bukan lagi dari pala tapi dari bahan lain. katakanlah seperti daun sere dan daun gaharu.

“Di jumpai batang Gaharu terbuang percuma Di sisi lain batang gaharu di buang masyarakat namun saat ini telah dikembangkan produk bermutu yang dapat menghasilkan minyak Astri yang bermanfaat dengan label bermutu,” pungkasnya.

“Saat ini pohon gaharu banyak ditemui batangnya terbuang percuma. Nah ini bila dikembangkan keatas penelitian mempunyai nilai ekonomis tinggi,” katanya.

Lanjutnya, Mewakili Pakar Universitas Pattimura Ambon, Pihak kami coba mengembangkan ini. produk lainnya yang bermutu seperti sopi juga sedang dikembangkan.

“semua ini dikakukan untuk bagaiamana memberdayakan masyarat
Oleh Karena itu pemerintah daerah dituntut untuk bekerjasama dengan universitas Pattimura Dalam rangka mensejahterakan masyarakat didaerah ini,” tandas Saptenno. (Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Program P4TK IPA Di Uji Cobakan Di SMP Negeri 17 Dan SMP Kartika Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Pengupayaan pemerintah pusat, dalam meningkatkan kapasitas guru khususnya di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan …