Breaking News

Polres SBB Gelar Rakor Lintas Sektoral Menyambut Natal & Tahun Baru

PIRU,N25NEWS.COM – Dalam rangka Pengamanan menyambut perayaan Hari Natal, 25 Desember  2018 dan Tahun  Baru, 1 Januari 2019 maka Polres SBB menggelar Rapat Koordinasi  Lintas Sektoral yang digelar di ruang pertemuan utama,  Mapolres SBB, Jalan Trans Seram, Piru, pada Kamis, (20/12).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati SBB, Drs Yasin Payapo M.Pd, Ketua DPRD SBB, Julius Hans Rutasouw, Kepala Kejaksaan Negeri Piru, Syamsudir M SH, Perwira Penghubung Korem 1502 ,Mayor Infantri Mado, Wakapokres SBB, Agus Setiawan S.Ik,Sekretaris Daerah Kabupaten SBB, Mansur Tuharea,Perwakilan Dinas Kesehatan SBB, Kepala Satpol PP, Kepala ULP PLN Piru, Kepala Kemenag SBB dan Para Tokoh Agama.

Saat memberikan paparannya, Kepala Bagian Operasi(Kabag Ops Polres SBB, AKP Akmil Djapa, S.Ag menyatakan maping Polres SBB dalan mengantisipasi Kamtibmas terkait kegiatan  perayaan keagamaan, yang menjadi atensi adalah konsumsi Miras, yang dapat berakibat negatif.

” Mudah-mudahan lewat Rapat  Koordinasi Lintas Sektoral, dapat memberikan buah pikiran yang baik buat Masyarakat di bumi Saka Mese Nusa” harapnya.

Djapa mengungkapkan dalam memperingati hari besar keagamaan, selalu ada kegiatan eforia Masyarakat sehingga mengabaikan kesekamatan, kemarin Kita menggelar  beberapa operasi lalu lintas, dari hasilnya diperoleh data  angka Laka Lantas di  Kabupaten SBB, tertinggi.

Ia merincikan, di Polsek Piru,  angka kecelakaan bermotor karena pengguna kendaraan bermotor, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan tidak hati-hati  serta mengabaikan rambu-rambu jalan.

Di Polsek Kairatu Barat, potensi kerawanan kecelakaan karena tikungan tajam dan jalan yang curam sehingga kalau tidak berhati-hati maka rawan kecelakaan.

Sementara Polsek Kairatu Timur yakni di Desa Rumahkai , penyebabnya adalah  karena lalu lalang kendaraan serta  kepadatan penduduk, di  Polsek Kairatu, Desa Waipirit faktor utamanya adalah arus Urbanisasi, serta penggunaan kendaraan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Sementara Bupati SBB, Drs Yasiin Payapo menyatakan,  semua gambaran tentang persiapan situasi Kamtibmas telah diterima, dengan demikinan kata orang, ini adalah pekerjaan biasa yang dilakuan oleh orang -orang biasa, demi hadirnya kenyamanan dalam rangka kehidupan Kita bersama.

“tidak ada yang menonjol, kalau ada mungkin ada juga strategi internal pengamanan khusus” Kata Payapo

Bupati juga menyampaikan, apresiasi dan terima kasih terhadap Polres SBB, yang telah melakukan kegiatan ini, pasalnya Pemda menunggu Rakor ini, pasalnya paska itu Pemda akan langsung melakukan pertemuan internal terkait persiapan Pemda dalam pengamanan Natal &Tahun Baru

“Jika ada permasalahan yang menonjol akan diberi perhatian dan dikawal” cetusnya.

Menurutnya, pengamanan ini harus dijadikan gerakan bersama artinya semua anak bangsa ini punya tanggung jawab.

Mengenai persoalan mabuk-mabukan Payapo mengatakan, persoalan ini sudah mulai berkurang dimana semakin hari Masyarakat semakin cerdas.

“Saya  berterima kasih buat Polres, Pak Waka dan seluruh jajaran kemudian Dandim dan seluruh jajaran, yang  selama ini telah  menjaga keamanan dan kestabilan Kita dan forum  umat beragama” ungkap Payapo

Bupati juga meminta masukan dan arahan dari setiap umat beragama, baik Islam, Kristen Protestan dan Katholik agar menjadi tanggung jawab bersama,  karena itu masing-masing harus bertanggung jawab sesuai fungsi dan perannya.

Ia  juga mengharapkan, jika ada kondisi diluar kendali, harap dijauhkan dari sikap-sikap arogan atau kasar karena di SBB ada nilai kearifan lokal yang harus terus dikembangkan.

Pertemuan ini, memang positif karena menata penyatuan persepsi,   agar Natal dan Tahun Baru  serta Lebaran nanti  di Tahun depan,  harus dapat berjalan dengan  aman damai sehingga setiap pelaku ibadah akan  merasa nyaman untuk ibadahnya.

Penulis   : Nicko Kastanja

About admin

Check Also

Pemkab  SBB Gelar Musrembang RKPD Tahun 2020

PIRU,N25NEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) , Rencana Kegiatan …