Home / Travel / Pombo, Pulau Terapung Tak Berpenghuni di Maluku Tengah

Pombo, Pulau Terapung Tak Berpenghuni di Maluku Tengah

N25NEWS.COM – Bagi para traveler pecinta pulau-pulau eksotis, mungkin bosan jika bepergian ke pulau yang ramai wisatawan maupun berbaur dengan masyarakat setempat. Maka alternatif yang pas adalah berusaha mencari sebuah pulau yang indah, nyaman, bersih, aman dan pastinya tenang. Mungkin pulau yang satu ini cocok bagi traveler yang mencari kedamaian hati.

Pulau ini terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Lebih tepatnya berada di antara pulau Haruku dan pulau Ambon. Pulau Pombo namanya.

Pulau yang satu ini seperti sebuah pasir timbul yang mengapung di tengah laut, karena memang pulau ini hanya seluas 4 kilometer persegi dengan dominasi pasir putih dan ditumbuhi pepohonan rindang yang semakin memanjakan mata. Pulau ini memang sudah lama menyajikan keindahan dan selalu menggoda siapapun yang melihatnya dari kejauhan.

Namun baru beberapa tahun belakangan, namanya mulai terdengar yang menjadikannya salah satu objek wisata favorit di Maluku.

Pulau Pombo juga ditetapkan sebagai cagar alam dan taman laut yang harus dijaga dan tidak bisa sembarang orang melakukan aktifitas semaunya di pulau ini karena dilindungi oleh Undang-Undang.

Pulau ini terdiri atas 2 pulau yaitu Pombo besar dan Pombo kecil, yang dipisahkan oleh laut dangkal berkarang. Namun jika air surut atau masyarakat setempat menyebutnya dengan air Meti, maka kamu bisa berjalan kaki dari pulau Pombo besar ke pulau Pombo kecil.

Pulau yang satu ini memang sedang menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu objek wisata unggulan Maluku, karena menjadi spot diving dan snorkeling para penyelam dalam negeri maupun luar negeri. Bukan hanya sebatas suguhan keindahan alamnya yang oke, namun kamu dapat melihat dengan jelas aktivitas burung endemik Maluku di pulau ini, yaitu Burung Pombo.

Jika kamu ingin mengunjungi pulau Pombo, rute dari bandara internasional Pattimura maupun pelabuhan Yos Sudarso ialah dengan menumpang angkot menuju desa Tulehu. Desa ini adalah lokasi terdekat dan menjadi pelabuhan speadboat menuju pulau Pombo yang ditempuh sekitar 30 menit. Jangan lupa membeli persediaan makan dan minum serta jika kamu ingin menginap. Persiapkan pula berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, karena memang pulau ini sama sekali tidak berpenghuni. Tunggu apalagi siapkan dirimu untuk berkunjung ke Pulau Pombo. (CP)

About admin

Check Also

CJH Tak Perlu Bawa Uang Tunai Ke Tanah Suci

AMBON,N25NEWS.COM – Calon Jemaah Haji (JCH) asal Maluku maupun Indonesia pada umumnya tidak perlu membawa …