Breaking News

Ponpes Harus Bisa Tingkatkan Kreatifitas, Produktifitas dan SDM

AMBON,N25NEWS.COM – Pendidikan agama  dan keagamaan merupakan bagian integral dari pada sistem pendidikan Nasional. Maka itu, lembaga Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah sudah harus mampu berperan aktif meningkatkan kreatifitas, produktifitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berahklakul Karima.

Meskipun dalam bentuk pendidikan non formal. namun Ponpes sudah bisa menunjukan SDM yang mampu turut membangun pembangunan bangsa dan negara. Demikian hal ini disampaikan Kabid Pakis Kanwil Kemenag Maluku La Fatah S.Ag saat membuka Pesantren Ramadhan di Ponpes Ishaka Kota Ambon,kemarin.

Dikatakan lembaga keagamaan Islam merupakan bagian integral dari sistim pendidikan nasional.

Sama halnya dengan Ponpes Salafiyah sering tidak luput dari berbagai masalah dan persoalan. Misalnya persoalan sarana prasarana, mutu pengajar, keterbatasan anggaran, keterbatasan tenaga guru, bahkan terbatas dalam penyediaan sarana informasi. Akan tetapi hal ini tidak lantas menyurutkan para guru, ustadz menjadi pesimis untuk selalu membuat program terutama pesantren Ramadahan.

“Pesantren Ramadah penting dilakukan agar supaya santri terdidik dalam kebiasan berkata benar, jujur, iklas, taubat, inabah. Para santri terdidik membiasakan diri berkata yang benar itu benar walaupun itu pahit. Selalu menerima sesuatu yang trejadi atas Takdir Allah SWT. Selalu waspada dari hasad, iri dan dengki serta waspada dari semua yang merusak hati,”jelasnya.

Baca juga :   Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur'an Kemenag Maluku

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten SBB ini lantas berharap,kegiatan yang dilaksanakan ini paling tidak memberikan kontribusi hasil yang maksimal kepada anak anak santri didaerah ini khususnya di Ponpes Ishaka.

“Saya mengajak kepada para santri agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sunggu- sungguh sehinghga dari hasil kegiatan ini para santri menjadi anak anak yang saleh dan berahlakul karimah serta berguna bagi bangsa dan negara.”Program ini harus terus dilaksanakan pada tahun tahun mendatang. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok hari dimana kita mendulang keberghasilan yang kita perjuangan bersama dihari ini.”ingatnya.

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …