Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke 74

Presiden RI Mengucapkan HUT Ke 74 Dinas PUPR Provinsi Maluku.

AMBON,N25NEWS.com-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke 74,kepada seluruh insan dan keluarga besar Dinas Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku.

“Apresisasi yang sebesar-besarnya juga atas kerja keras seluruh pihak,mulai dari jajaran Kementerian PUPR,Pemda,BUMN dan mitra swasta baik yang bergerak di bidang konstruksi maupun bidang pembiyaan,”ucap Presiden dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Maluku Murad Ismail,pada acara tersebut yang berlangsung di kantor PU,samping bawa Jembatan Merah Putih (JMP),selasa (3/12/2019).

Menurut Presiden,pembangunan infrastruktur,harus memiliki dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat,oleh karena itu seluruh jajaran pemerintah dan mitra yang terlibat harus memastikan,pembangunan infrastruktur fokus memberikan manfaat langsung bagi masyarakat khususnya dalam kenaikan kelas UMKM,pariwisata dan peningkatan ekspor.

“Kita masih punya PR yakni pembangunan,untuk kemajuan bangsa Indonesia dimana kalau dibandingkan dengan Negara-negara lain,kita memang masih tertinggal,peringkat infrastruktur Negara kita tahun 2018 berada di posisi 71 jdari 140 negara,di tingkat ASEAN daya saing infrastruktur kita masih berada di posisi ke 5,”kata mantan Walikota Solo ini.

Lebih lanjut Presiden mengatakan,untuk menghadapi persaingan tersebut,maka saatnya Indonesia menghubungkan semua infrastruktur-infrastruktur yang tersedia dengan sentra-sentra produksi,menghubungkan obyek wisata dengan sentra pemasaran dan jalan tol harus tersambung dengan industri dan pelabuhan harus tersanbung dengan logistik.

Selain itu,kata Presiden,bandara juga harus tersambung dengan kawasan perdagangan dan jasa serta infrastruktur lainnya harus tersambung dengan sentra dan kawasan ekonomi,dengan demikian pengembangan konektivitas harus tetap dilanjutkan,jika tidak maka otomatis tidak akan terwujud.

“Saya minta seluruh jajaran pemerintah untuk bersinergi,mulai dari pusat sampai daerah untuk duduk bersama-sama,menyepakati mana tanggung jawab pemerintah pusat,mana tanggung jawab pemerintah provinsi serta mana tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota,”jelas mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Sementara itu,penggunaan teknologi saat ini sangat penting dalam setiap bidang pekerjaan,termasuk dalam bidang pembangunan infrastruktur,oleh karena itu infrastruktur tersebut haruslah didukung oleh teknologi dan hasil riset yang aplikatif,sehingga akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

“Pembangunan infrastruktur yang berkualitas juga harus didukung dengan pembiyaan yang memadahi,sebab tidak mungkin pembangunan Negara kita ini hanya dilakukan oleh pemerintah dan bersumber dari APBN saja,tetapi kreativitas juga menjadi pembiyaan pembangunan infrastruktur kedepan,”tandas Presiden yang sederhana ini.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

Check Also

Gubernur Maluku,Pola Pikir OPD Tidak Orentasi Pada Anggaran,Tapi Hasil Kerja

AMBON,25NEWS.com-Gubernur Maluku,Murad Ismail mengatakan,Perjanjian Kerja sebagai salah satu komponen dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan …