Home / Olahraga / Prihatiin , Asprov PSSI Maluku Dukung PSSI Usut Dugaan Pengaturan Skor di Liga 1 dan 2
Ketua Umum Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu.

Prihatiin , Asprov PSSI Maluku Dukung PSSI Usut Dugaan Pengaturan Skor di Liga 1 dan 2

AMBON,N25NEWS.COM – Kasus Pengaturan Skor (Macth Fixing) yang disinyalir  terjadi di Liga 1 dan 2 yang dampaknya merongrong wibawa PSSI,  juga mendapat sorotan dari Ketua Umum Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu.

Dalam rilisnya yang diterima media ini, Jumat,(23/11) Lestaluhu menyatakan,  kasus pengaturan skor (Macth Fixing) dapat berdampak pada turunnya kepercayaan publik  sepakbola di tanah air terhadap  kualitas kompetisi yang gelar PSSI.

Untuk itu, Ia berharap sepakbola Indonesia harus menjunjung tinggi sportivitas dan jauh dari kepentingan-kepentingan perorangan ataupun kelompok yang bisa menciderai nilai-nilai sportifitas  dan fairplay itu sendiri.

Karena itu,  Asprov PSSI Maluku  turut mendukung  penuh langkah PSSI,  untuk melakukan pengusutan terhadap dugaan  pengaturan skor (macth fixing ) dan  pemberantasan mafia skor yang ditenggarai terjadi di Liga 1 dan Liga 2 serta liga-liga resmi PSSI lainnya.

Lestaluhu menilai, kerjasama PSSI dengan Genius Sport untuk mendapatkan laporan khusus mengenai pertandingan secara live  yang tidak  diduga tidak wajar,  adalah langkah tepat  untuk  memerangi kasus pengaturan skor dan mafia skor.

Dari informasi yang dihimpun dari Goal Indonesia, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria meminta seluruh stake holder sepakbola di tanah air untuk sama-sama memerangi macth fixing,

“Liga 1 dan Liga 2  2018 sudah memasuki fase akhir kompetisi. Liga 1 telah menyelesaikan pekan ke-31, sementara Liga 2 dalam pekan terakhir babak delapan besar”terangnya.

Karena itu Menurut Tisha,disaat krusial seperti ini, ada beberapa pertandingan yang mengarah ke pengaturan skor, (macth fixing) hanya saja hal tersebut masih bersifat dugaan yang belum dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat.

Ditambahkan, ada beberapa pertandingan yang menjadi catatan, dan sudah memasuki tahap investigasi lanjutan, selanjutnya jalur formal lainnya adalah laporan kepada Komite Disiplin PSSI.

Sekjen PSSI yang sudah dua kali  mengunjungi Maluku  ini mengungkapkan,  pihaknya selalu mengevaluasi kinergia wasit dan perforna wasit di Liga 1 dan Liga 2, dimana untuk penilaian terhadap kinergia wasit melalui tiga tahap, yaitu mulai dari penilaian dari wasit penilai, (Refree Assesor), selanjutnya penilaian dari Direktur Teknik Wasit PSSI, Toshiyuki Nagi, dan Komite Wasit setiap pekan, Sementara untuk tahap akhir adalah penilaian oleh Referee Assessor JFA (Asosiasi Sepakbola Jepang) di Jepang .

Oleh : Nicko Kastanja/Goal Indonesia

About admin

Check Also

Kandaskan Kramat Jaya FC (3-2), Iha Kulur Putra 01 Raih Kampiun Turnamen Bupati SBB Cup I

PIRU,N25NEWS.COM – Keseblasan Iha-Kulur Putra 01 akhirnya mengukuhkan diri sebagai kampiun  dalam Turnamen Terbuka Bupati …