Program Inovasi Desa Salah Satu Sarana Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa

AMBON,N25NEWS.com-Progaram Inovasi Desa merupakan salah satu sarana untuk pemberdayaan masyarakat desa dan Program ini sendiri telah dimulai dari tahun 2017 hingga 2019 yang merupakan waktu akhir pelaksanaannya dan Tentunya dengan berkahirnya  program ini,kegiatannya dapat berjalan melalui APBD kabupaten/ kota.

” Selama ini  dana desa kegiatannya lebih banyak pada kegiatan fisik,padahal titik beratnya pada pemberdayaan masyarakat” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) Satker P3MD PID provnsi Maluku  Suryanti Anwar kepada awak media di sela kegiatan Rakor Program Inovasi Desa (PID) tahap II di Amans hotel,Senin (4/10/2019).

Dirinya,menyampikan,di  provnsi Maluku anggaran yang telah dikucurkan kementerian desa kepada pemerintah kabupaten /kota hingga ke tim pengelola inovasi desa yang ada di kecamatan sebesar enam miliar lebih pada tahun ini.

Baca juga :   Pemprov Maluku Menyerahkan 4000 Tanaman Cabai Untuk Dikelola ASN

Menurutnya,dengan program inovasi desa ,dapat membuka wawasan ,pengetahuan dari pemerintah dan masyarakat desa  untuk mencontohi program inovasi di daerah lain,untuk dilaksanakan dalam pemanfaatan ADD.

” Ini dapat menghasilkan replikasi desa dari pelaksanaan bursa inovasi desa yang menampilkan menu-menu nasional,merupakan kegiatan inovatif dan direplikasikan ke APBD desa dan hasilny hampir 34 miliar dan tidak terlalu ditujukan untuk kegiatan fisik didesa ” tandas Suryanti.

Reporter     : Kris P

Editor         : Aris W

 

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Komitmen Implementasikan Program ‘Satu Data Indonesia’

AMBON,N25NEWS.com-Dalam rangka merealisasikan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku …

×

N25NEWS.com