Home / Pendidikan / Program P4TK IPA Di Uji Cobakan Di SMP Negeri 17 Dan SMP Kartika Ambon

Program P4TK IPA Di Uji Cobakan Di SMP Negeri 17 Dan SMP Kartika Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Pengupayaan pemerintah pusat, dalam meningkatkan kapasitas guru khususnya di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TKIPA) Kemendikbud RI yang berpusat di Bandung, turun langsung melihat bagaimana para guru mengimplementasikan pengetahuan yang didapat selama berada dalam proses pelatihan beberapa bulan yang lalu.

Perwakilan P4TK IPA, Widyaiswara, mengaku, ini merupakan salah satu program  P4TK IPA, yakni program peningkatan guru dalam hal pembelajaran berbasis Inquiry. Yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyukai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang didalamnya para siswa dituntut untuk cerdas, kreatif dan berani untuk menjelaskan apa yang dipahaminya didepan kelas dan masyarakat umum.

“Sehingga, dengan metode ini, siswa diajarkan sejak dini untuk cerdas, kritis dan dikomunikasikan setiap hal yang ditemuinya dalam mata pelajaran IPA,” ucapnya saat di wawancara awak media belum lama ini.

Dia mengaku, di Maluku, khususnya di Kota Ambon ada 5 Guru Mata Pelajaran (GMP), salah satu yang kami ujicobakan metode ini adalah dengan GMP Kecamatan Nusaniwe, yakni SMP Negeri 17  dan SMP Kartika. Dengan metode yang diajarkan, para guru dapat mengimplementasikan dengan baik untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Kepsek SMP Negeri 17 Ambon, Drs. Sepnath Gaspersz, mengaku, dengan adanya metode ini, para guru tidak susah mengimplementasikan mata pelajaran IPA kepada siswa, sehingga pahaman siswa terhadap IPA dapat tercapai dengan baik.

“Dan siswa dapat menyukai IPA sebagai salah satu mata pelajaran favorit,” ungkap Sepnath.

Oleh :Nardo

About admin

Check Also

Kapusdik KKP Sebut SUPM Waiheru Yang Terbaik DI Indonesia

AMBON,N25NEWS.COM – Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan KKP, Dr. Bambang Suprakto, A.Pi., S.Pi., MT …