Program Simpel Day Bagi Sekolah Se-Kota Ambon Guna Meningkatkan Inklusi Keuangan Pelajar

AMBON,N25NEWS.COM-Sosialisasi Gemar menabung melalui Simpanan Pelajar Kepada Sekolah se-Kota Ambon,adalah sebuah program peningkatan inklusi keuangan untuk pelajar mulai dari tingkat PAUD,TK,SD,SMP dan SMA atau sederajat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku Bambang Hermanto dalam sambutannya pada Acara Sosialisasi Gemar Menabung Melalui Simpanan Pelajar Kepada Kepala Sekolah Se-Kota Ambon di Gedung Wanita Urimessing Kota Ambon,senin (15/4/2019).

Lebih lanjut Hermanto mengatakan bahwa,”Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan budaya menabung.Dan program ini untuk peningkatan inklusi keuangan khususnya perbankan di usia dini,sehngga pada saanya nanti mereka dapat tumbuh menjadi masyarakat yang terampil dalam pengelolaan keuangan yang pada akhirnya mencapai kesejahteraan keuangan,”kata dia.

Dalam Waktu Dekat PLN Promo Tambah Daya

 

Sementara itu untuk diketahui oleh para kepala sekolah bahwa program simple ini adalah merupakan program edukasi keuangan yang dilaksanakan oleh Bank sehingga mungkin mungkin tidak akan sama dengan program simpanan komersil lainnya.

“Saya sudah sampaikan kepada pemimpin bank agar serius dalam menjalankan program ini agar komitmen pelajar untuk memiliki budaya menabung sejak dini,khususnya melalui program simpel IB,yang akan dilaksanakan kegiatan SIMPEL DAY 2019 secara natural bersifat massif dan bersinergi dengan industry perbankan dan Kementerian/Lembaga terkait,”jelas Hermanto.

Adapun pelaksanaan Simpel Day ini bertujuan untuk mengakselarasi penambahan rekening dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan 75 persen pada tahun 2019 sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden No 82 Tahun 2016 tentang strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI),yang juga sejalan dengan Hari Indonesia Menabung.

Baca juga :   Pembangunan SMP 1 Atap Neniari Mandek, Rumahsoal  Minta Kadis Pendidikan Harus Bertanggung Jawab

Kegiatan Simpel Day tahun ini mengambil Tema yaitu Mewujudkan Generasi Pelajar Cerdas dan Gemar Menabung.Kegiatan Simpel Day ini akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 2 Mei 2019 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional,sebagai momentum agar pelajar dan seluruh pihak terkait memiliki komitmen lebih dalam mendorong budaya menabung sejak dini.

Orang Buru memiliki adat istiadat yang dijadikan sebagai sebuah identitas diri yaitu Kai wait.Sama halnya dengan konsep…

Dikirim oleh n25news.COM pada Senin, 15 April 2019

“Kami telah melakukan audensi dengan Walikota Ambon pada tanggal 17 Februari dan audensi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon pada tanggal 5 April 2019 untuk membahas rencana Simpel Day di Kota Ambo.Selanjutnya pertemuan dengan seluruh bank penyelenggara Simpel Day di Kota Ambon,”ungkapnya.

Kemudian gerakan menabung Rp.5.000/minggu dan dikesempatan ini dapat dilaporkan sejak dibentuknya program ini pada tanggal 14 Juli 2015-akhir Januari 2019 telah terdapat 1270 sekolah dengan jumlah nasabah sebesar 79.777 dan jumlah saldo rekening sebanyak Rp.18,80 Miliar.Di Kota Ambon sampai sampai akhir Januari 2019 telah diikuti 297 sekolah dengan nasabah 22.028,saldo 4,27 m

“Program ini diselenggarakan oleh 11 bank yaitu BPR,bank Syariah dan 9 bank umum konvensional,mudah-mudahan seluruh sekolah sudah bekerjasama dengan salah satu dari 11 bank penyelenngaraan Simpel Day ini,”Hermanto.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

About admin

Check Also

SD Inpres 42 Amahusu Ambon Deklarasi Sekolah Ramah Anak

AMBON,N25NEWS.com – SD Inpres 42 Amahusu Kota Ambon mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang di …

×

N25NEWS.com