Breaking News

PTSP Kememag Ambon Difungsikan

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah menunggu cukup lama pasca di launchingnya penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) oleh Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifudin,

pada November 2018 tahun kemarin, akhirnya penerapan tersebut baru difungsikan Kemenag Kota Ambon.
Fungsinya PTSP Kemenag Kota Ambon ditandai dengan pengguntikan oleh Kakamenag Kota Ambon Drs Zein Firdaus Kaisupy.

Ditemui disela-selai usai membuka lomba karya ilmia tinggkat penyuluh agama Islam di aula Kemenag Kota Ambon, Kamis(27/6) Kaisupy, mengakui pihaknya sudah mengfungsikan PTSP.
Dalam sitim pelayanan PTSP nantinya masyarakat akan lebih mempermuda dilayani kebutuhannya, pada semua seksi bidang baik itu, layanan rekomendasi umrah serta izin operasional pondok pesantren, madrasah diniyah, dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ), termasuk bidang lainya lingkup Kemenag Kota Ambon.

Ia mengungkapkan, adanya PTSP di Kantor Kemenag, akan membuat pelayanan terhadap masyarakat akan menjadi simpel. Satu keuntungan lainnya adalah meminimalisir potensi kecurangan yang terjadi lingkup Kantor Kemenag.

“Ada beberapa titik pelayanan yang bisa diminta oleh masyarakat melalui PTSP. Layanan itu akan dilakukan secara efektif, mudah, efisien dan sederhana9. Masyarakat tidak harus ketemu dengan pejabat, untuk menghindari birokrasi yang tidak baik dan birokrasi yang begitu-begitu itu,” terang Kaisupy.

Baca juga :   Masa Kepemimpinan Wakun Rahankoly Agama Yabun Masuk Di Negeri Walerang

Diungkapkannya, dengan adanya PTSP di Kantor Kemenag, akan membuat pelayanan terhadap masyarakat akan menjadi simpel. Satu keuntungan lainnya adalah meminimalisir potensi kecurangan yang terjadi lingkup Kantor Kemenag.

Ia menjelaskan, peralatan yang digunakan di PTSP Kemenag Rembang secara keseluruhan sudah menggunakan sistem elektronik dan menggunakan jaringan internet. Hal itu akan membuat pelayanan berjalan lebih efektif.
Sementara tujuan difungsikan PTSP sendiri lanjut Kaisupy, untuk mempermudah pengurusan izin di Kemenag Kota Ambon.

Hal tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 yaitu untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan, maka Kantor Kemenag Ambon telah siap berkomitmen untuk memberikan pelayanan PTSP bagi masyarakat.
Sebelumnya dalam postingan beberapa bulan kemarin Kasubag TU Kemenag Kota Ambon
Saradju Kilrey, S.Ag mengungkapkan, bahwa faktor yang memperlambat difungsikan PTSP akibat keterbatasan anggaran pengadan fasilitas, sehingga harus mengalami penandaan sampai adanya anggaran.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …