Home / Kab.SBB / Ombudsman Minta Pungutan 428 Ribu Di SMAN 1 Kairatu Harus Kembalikan

Ombudsman Minta Pungutan 428 Ribu Di SMAN 1 Kairatu Harus Kembalikan

KAIRATU,N25NEWS.COM – Pungutan pihak sekolah terhadap para orang tua siswa terkait pembayaran Ujian Nasional bagi kelas XII akan segera dikembalikan.

Ialah merupakan langkah yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Maluku, usai menerima laporan pengaduan masyarakat beberapa waktu lalu.

Dalam laporan yang diterima oleh Ombudsman RI Perwakilan Maluku, Kamis (15/03/18) ditemui adanya indikasi pungutan liar oleh SMA Negeri 1 Kairatu, Kecamatan Seram Bagian Barat yang mana pihak orang tua murid dibebankan Rp 428.000/per siswa dibayar per tahap mulai dari November 2017 dan harus sudah dilunasi sebelum dilaksanakan Ujian Nasional , Try Out, Ujian Praktek, Foto Siswa, Pemantapan Ujian Sekolah, Pemantapan Ujian Nasional serta Penulisan Ijazah.

Oleh keterangan terlapor, Wakasek kurikulum SMA Negeri 1 Kairatu, M.Tahalele, Hubmas Sekolah, W. Salelatu serta Ketua Komite 2017-2020 SMA Negeri 1 Kairatu, R.F.Pentury ketiganya menyatakan bahwa, pungutan ini dilakukan karena tidak ada dana tersebut dalam dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dinyatakan pula, Kesepakatan ini pula di gelar dalam rapat bersama Staf Dewan Guru, Komite Sekolah serta Orang Tua Murid pada (24/10) tahun lalu.

Sempat diakui pula, di Tahun 2016 lalu pernah dilakukan pungutan seperti ini kurang lebih Rp 300.000.

Adapula pungutan partisipasi sebesar Rp 25.000 untuk satu orang tua murid. Semua hal serupa sudah di sampaikan oleh pihak sekolah kepada Ketua Tim Saber Pungli SBB, Wakapolres SBB, AKBP Jhon Pikauly.

Menurut pihak sekolah, pungutan tersebut sudah mencapai 75 % siswa yang membayar.

Keterangan terlapor inilah, dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah kemudian Ombudsman RI Provinsi Maluku Ombudsman mendatangi Pihak Sekolah hari ini, (15/03) pada Ruang Tamu SMA Negeri 1 Kairatu, Kecamatan Seram Bagian Barat.

Baca juga :   Tuding IKBH Syarat Kepentingan, Samson Atapary Dinilai ASBUN

Alhasil, Pihak SMA Negeri 1 Kairatu, kemudian mengaku kepada Ombudsman bahwa secepatnya Pungutan Tersebut akan di kembalikan kepada orang tua murid.(Amy Latuny)

 

 

About admin

Check Also

Gelar HUT Kemerdekaan Ke – 73, Bupati SBB Serahkan Piagam SATYALANCANA KARYA SATYA

SBB,N25NEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat ( SBB )Provinsi Maluku Menggelar Upacar peringati …