Rahajaan,Meningkatnya Kunjungan Wisata,Berdampak Pada Ekonomi dan PAD Malra

MALRA,N25NEWS.com – Kabupaten Maluku Tenggara dalam pengembangan dunia Pariwisata tidak bisa diragukan lagi,hal ini di buktikan dengan di gelar berbagai kegiatan,salah satunya  kegiatan festival Pesona Meti Kei.

Dengan kegiatan tersebut,terjadi peningkatan  kunjungan Wisatawan manca Negara maupun lokal,membanjiri objek-objek wisata yang ada di Kepulauan Kei.

Hal ini  disampaikan Roy Rahajaan saat ditemui N25News.com diruang kerjannya rabu (26/9/2019).

Menurut Rahajaan, kenaikan kunjungan wisata tersebut  bisa dilihat dari data yang diisi pada buku penerima tamu dibandara Karel Sadsauitubun.

“Sehingga melalui kunjungan wisatawan ke objek wisata yang ada dikepulauan Kei memberikan dampak positif terhadap perputaran ekonomi di masyarakat dan pendapatan asli daerah,”tambah Kadis Pariwisata Malra ini.

Namun dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat beberapa waktu lalu,hal ini menurut Rahajaan memberikan dampak buruk pada perputaran ekonomi masyarakat sekitar yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Faktor utama melonjaknya harga tiket pada tahun ini menyebabkan pendapatan daerah dari sektor Pariwisata  menurun drastis, padahal pada tahun sebelumnnya setiap hari bahkan setiap bulan kunjungan  wisatawan manca negara dan lokal mengalami peningkatan tiap tahunnya,”tuturnya.

Untuk  antisipasi  dampak buruk  tersebut,Rahajaan lewat Dinas Pariwisata telah membangun kerjasama dengan komunitas-komunitas penjual paket-paket perjalanan dalam mempromosikan fasilitas Homestay yang murah untuk mengimbangi  harga tiket yang mahal dengan cara tersebut dapat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kepulauan Kei.

Cara tersebut, Rahajaan beralasan bila paket-paket perjalanan dengan mempromosikan fasilitas hotel yang mahal dibarengi dengan harga tiket yang mahal akan memberatkan perjalanan para wisatawan manca negara dan lokal untuk berkunjung di daerah.Oleh sebab itu paket-paket brosur yang di dipromosikan bersifat sementara sambil menunggu harga tiket kembali normal.

Baca juga :   Kebakaran  Di Kompleks Watdek Pelabuhan Motor Laut Kei Besar Malra Hanguskan Enam Rumah

“Dari hasil kunjungan  wisatawan selama ini banyak hal yang mereka dapatkan disini mulai dari aksesbilitas, aminitas dan atraksi,”jelas Rahajaan.

Katanya,yang paling dominan itu pada objek-objek wisata yang ada  atraksinya dengan  pemandangan – pemandangan yang indah.

“Itulah nilai jual dari Pemerintah Daerah dalam mempromosikan objek wisata ke mata dunia,”ungkap Kadis Pariwisata.

Namun Dia mengakui, selama ini objek wisata yang ada di kepulauan Evav/Kei masih dikelola oleh desa/ohoi ,tapi pada tahun ini masyarakat Desa/Ohoi Wab telah membuka diri agar pemerintah daerah mengambil ahli objek wisata tersebut untuk membangun sarana dan prasarana dengan fasilitas yang memadai sehingga dapat memuaskan wisatawan manca negara maupun lokal.

“Objek yang akan dikelola oleh pemerintah daerah adalah Ngur Fatnamsir yang ada di Desa/Ohoi Wab dan Ngur Tavur,selain itu Dinas Pariwisata saat ini telah membangun  gazebo-gasebo dan menara pandang tanpa harus memakai Drone untuk mengambil secara keseluruhan gambar pasir terindah tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan,”ungkapnya.

Rahajaan berharap agar para pelaku usaha transportasi laut sebagai penyedia jasa dalam melayani para wisatawan agar mengantarkan mereka ke tempat fasilitas-fasilitas yang telah dibangun oleh Dinas Pariwisata di Pulau Ngurtavur karena tesedia berbagai macam jenis makanan khas kuliner Evav/Kei dan Lainnya agar Perputaran Ekonomi bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Ngurtavur merupakan objek wisata favorit saat ini tapi dengan banyaknya komplen masyarakat terhadap mahalnya harga tiket transpotasi, Rahajaan membantah  hal tersebut, alasannya, Ngur Tavur merupakan Objek Wisata Eklusif sehingga dengan biaya yang mahal dapat terbayar dengan kodisi keindahan alam yang indah.

Reporter : Pae Rahakbauw
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Pansus Tatib DPRD Malra Telah Di Bentuk

MALRA,N25NEWS.com – Melalui Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Pembentukan Pansus Tata Tertib ( TATIB …

×

N25NEWS.com